Cara Menjadi Blogger Yang Sukses 2020


Semua Blogger Pasti Ingin Sukses

Semua bloggers pasti punya satu kesamaan, yaitu mereka ingin blog mereka berhasil dan dapat menghasilkan uang. Bagi kebanyakan bloggers, keberhasilan berarti punya banyak pengunjung setia dan juga mendapatkan income dari blog.

Apa Yang Kalian Lakukan Untuk Sukses ?

Tidak peduli apa alasan atau tujuan kalian membuat blog, seperti yang kalian ketahui yang dapat membuat blog kalian menjadi lebih baik adalah dengan melakukannya dengan cara kalian sendiri. Simak tips dibawah ini untuk dapat membantu kalian agar dapat sukses sebagai seorang blogger.

1. Pilih Niche Yang Tepat

Saran yang satu ini sudah seperti menjadmun di Internet sejak munculnya blog pertama yang sukses. Namun, banyak bloggers newbie yang tidak mengikuti nasihat ini dan mengabaikannya, sebagian adalah karena banyak bloggers baru tidak yakin mereka tidak yakin akan membuat blog tentang apa dan sebagian lagi karena mereka tidak tahu apa itu niche.

Niche bisa dikatakan sebagai sebuah lingkup kecil, tapi punya pasar yang menguntungkan.

Yang sebenarnya saya maksud ketika saya bilang "Pilih Niche Yang Tepat" adalah untuk mempersempit atau meningkatkan fokus blog kalian pada satu topik kecil. Jika berbicara mengenai niche, mungkin itu adalah sesuatu yang sedikit sulit untuk dimengerti. Apa yang sebenarnya diinginkan oleh pembaca adalah sekumpulan artikel terkait yang sesuai dengan apa yang mereka sukai dan bermanfaat agar dapat membantu memecahkan masalah atau pertanyaan mereka.

Contoh niche yang dapat dipilih:
  • Parenting
  • Keuangan
  • Make up
  • Web Desain
  • Olahraga
  • Kesehatan
  • dll

Memang benar bahwa selalu ada blog di semua niche, salah satu kunci untuk benar-benar sukses dalam blogging adalah dengan mempersempit topik blog kalian hingga kalian berada pada titik dimana kalian memenangkan pasar kalian sendiri. Dengan melakukan ini, kalian akan dapat mengurangi pesaing blog kalian sekaligus membuat kalian benar benar ahli di niche tersebut.

Sebagai contoh, Blog S-rank saya buat karena ada banyak blog yang memberikan tips untuk membuat para bloggers senior agar semakin sukses, namun tidak ada cukup banyak blog yang memberikan tutorial dan nasihat untuk para bloggers pemula.

Contoh lainnya adalahjika kalian ingin memulai sebuah blog tentang olahraga. Dibanding harus fokus pada topik olahraga yang secara umum sangat luas, kalian dapat mempersempit fokus blog kalian ke olahraga tertentu, misalnya sepak bola atau basket. Dengan begitu, kalian akan memiliki pasar dan pembaca yang benar benar tertarik dengan sepakbola.

2. Jangan Malu Promosi

Mempromosikan blog kalian sendiri di social media atau dalam group yang berisikan teman-teman kalian bukanlah sesuatu yang buruk. Namun jika kalian tidak ingin terlihat seperti orang yang ingin memperkenalkan blog pada teman kalian ataupun karena kalian merasa masul, sukses tidak akan datang dengan cepat pada kalian, atau bahkan tidak akan datang sama sekali.

Jika kalian ingin berhasil, kalian harus memperkenalkan blog kalian pada banyak orang diluar sana, dan siapa yang berkewajiban untuk melakukan itu jika bukan kalian? Memang berkesan memalukan pada awalnya, namun ini semua adalah bagian dari proses pemasaran, dan kalian sebagai bloggers harus belajar bagaimana menggunakan media sosial untuk memasarkan karya atau produk kalian sendiri.

Walaupun traffic dari social media tergolong traffic yang tidak terlalu bagus, namun tidak semuanya buruk. Kuncinya adalah untuk menemukan keseimbangan antara promosi blog kalian agar tidak terindikasi sebagai spam. Banyak blogger dan pengguna media sosial menyarankan untuk menggunakan social media untuk sarana promosi atas produk atau blog kalian sendiri, itu peluang bagus untuk mulai memperkenalkan blog kalian pada dunia.

3. Membuat Blog Kalian Lekat Dengan Pengunjung

Lekat yang saya maksud disini bukan lah benar benar lekat karena lem, namun istilah yang berarti kalian mendorong para pengunjung untuk kembali ke atau tetap berada di blog kalian dan membaca artikel lainnya yang mungkin mereka suka.

Misalnya, kalian bisa menautkan sebuah link pada text anchor ke artikel yang relevan dari apa yang dicari pengunjung. Kalian bisa melakukan ini dalam artikel, atau setidaknya pada “artikel terkait” di akhir setiap artikel blog. Tujuannya adalah untuk melakukan promosi dan mereferensikan artikel lain di blog kalian hanya dengan sebuah link. Link ini mengarah ke konten kalian sendiri dan menawarkan pembaca informasi yang lebih mendalam tentang topik atau subjek yang terkait, istilah ini sering disebut sebagai internal linking.

Ketika kalian melakukan ini, orang akan cenderung untuk tetap di blog kalian  dan sering kembali ke blog kalian, sudah seperti langganan koran, saat seseorang suka dengan sebuah koran, ia akan tetap berlangganan koran walaupun mereka bisa menemukan informasi lain di majalah. Kalian juga dapat membuat blog kalian lekat dengan pembaca, caranya dengan mengundang pembaca untuk berlangganan ke blog kalian dengan memberikan tombol Suscribe By Email.

4. Membuat Konten Berkualitas

Para ahli blog dan SEO sudah mengatakannya selama bertahun-tahun dan saran ini memang masih menjadi panutan utama setiap blogger yang sukses. Benar sekali, konten adalah raja.

Tanpa konten yang ditulis dengan baik dan menarik, blog kalian tidak akan berhasil atau pun sukses. Sejujurnya desain dan taktik pemasaran blog kalian memanglah sangat penting, tetapi semuanya akan menjadi tidak berguna jika kalian tidak memiliki konten berkualitas. Sebagian besar pengunjung mungkin datang ke blog kalian sebagai hasil dari pemasaran yang kalian lakukan, tetapi mereka akan tetap berada di blog kalian jika kalian memberikan konten yang mereka butuhkan dan dapat menjawab pertanyaan mereka.

Tips Pro: membuat konten yang berkualitas harus dilakukan dengan menyediakan suatu bacaan yang sekiranya dapat menghibur dan memberikan solusi serta jawaban yang mereka butuhkan. Namun jika kalian menjalankan blog tentang diri sendiri, kalian dapat membagikan manfaat dengan membagikan pengalaman tentang suatu masalah yang unik dan tidak dapat mereka temukan pada blog lain, itu akan sangat berguna untuk mereka yang mencari nasihat. Memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka adalah salah satu faktor yang akan mendorong pembaca untuk terus berlangganan ke blog kalian.
Disqus Comments

NEWSLETTER SIGNUP