Cara Memilih Niche Blog Yang Benar 2019


Memilih Niche Sebelum Mulai Blogging

Sekarang kalian harus memutuskan akan diberikan artikel apa blog kalian. Tentu saja, kalian bisa saja memulai sebuah blog yang kontennya tentang apa saja dan bebas bertema apa(campuran), mau tidak diisi pun juga bisa. Namun, jenis blog seperti ini cenderung sulit untuk menjadi blog yang sukses.

Kenapa Niche Itu Penting ?

Itu karena setiap orang melakukan pencarian di Internet hanya karena satu alasan saja : yaitu untuk mendapatkan jawaban. Jawaban itu mungkin bisa berbentuk untuk menemukan tutorial, atau mungkin untuk menjawab pertanyaan mereka. Tapi ketika pembaca mencari jawaban dan blog kalian adalah blog yang punya topik acak atau campuran, bagaimana blog kalian akan dipercaya untuk memecahkan masalah mereka?

Itu sebabnya blog yang punya satu niche akan lebih populer dibandingkan yang campuran. Sebagai contoh, jika kalian ingin selalu up-to-date tentang otomotif, maka kalian akan mengikuti blog atau akun social media yang berisikan otomotif, itu adalah kecenderungan bahwa kalian percaya jika mereka akan terus-menerus memberikan info terbaru untuk kalian.

Sebuah blog dengan satu niche memang akan mempersempit jenis dan cakupan audiens kalian, tetapi juga bisa membuat mereka datang kembali untuk mendapatkan informasi terbaru.

Lalu bagaimana cara memilih niche untuk blog kalian ? Simak tips berikut ini.

1. Pilih Sesuatu Yang Kalian Pahami

Para ahli blogging akan terus-menerus mengatakan untuk membuat blog yang berkaitan dengan hal yang kalian minati. Ini memang terdengar klise dan tidak realistis pada awalnya, tapi selalu ada alasan untuk itu dan kalian akan mengetahuinnya nanti.

Ketika kalian menjalankan sebuah blog dan mengisinya dengan apa yang kalian minati, beberapa hal berikut akan terjadi:
  • Kalian akan lebih mencurahkan waktu, pikiran, dan tenaga untuk blog kalian agar menjadi lebih baik lagi.
  • Kalian cenderung tetap menjalankan blog tersebut di masa mendatang.
  • Kalian tidak akan kehabisan ide untuk membuat artikel.
  • Para pembaca akan menilai bahwa kalian benar benar ahli yang paham dalam niche tersebut.

Jika memikirkan cara lain dan memilih sebuah niche hanya karena kalian pikir niche itu berhasil dan menguntungkan, maka kalian akan mengalami yang namanya lelah dan ketidakpuasan.

Alasan lain yang membuat kalian harus memilih niche sesuai kesukaan kalian, adalah kalian tidak paham betul tentang niche yang asing itu, jadi pada artikel buatan kalian akan tersermin bahwa kalian kurang paham dan tidak ahli. Jika kalian bahkan tidak tahu apa yang sedang kalian tulis dan bahas, mengapa harus ada orang yang membaca blog kalian? apa manfaat yang akan mereka dapatkan ?

2. Pastikan Apa Passion Kalian

Anggap saja kalian sudah tau apa passion kalian, namun untuk kalian yang belum tau apa passion kalian, ada beberapa pertanyaan yang perlu kalian jawab untuk mengetahui apa passion kalian, berikut pertanyannya :
  • Apa hobi kalian?
  • Apa topik yang paling kalian suka bahas ?
  • Bagaimana kalian menghabiskan waktu luang?
  • Apa hal yang bisa kalian jelaskan dengan jelas dan panjang lebar dalam waktu lama?
  • Jenis pelajaran apa yang kalian senangi di sekolah atau perguruan tinggi?
  • Apa yang bisa kalian nikmati pada saat membaca dan belajar tentang sesuatu?
  • Jika kalian mau melakukan satu hal saja dalam hidup kalian tanpa perlu digaji, apa yang akan kalian lakukan?

Masih belum yakin apa passion kalian? Coba lakukan hal ini :
  1. Buat 10 daftar ide artikel blog berbeda.
  2. Jika kalian tidak bisa membuat 10 ide, mungkin itu bukan niche yang cocok untuk kalian.
  3. Jika  kalian sudah punya 10 daftar tetapi masih tidak puas juga, maka perlu mempertimbangkan niche yang berbeda.
  4. Jika kalian sudah menemukan apa passion kalian sesudah menulis 10 ide artikel pertama kalian, maka kalian sudah berada di jalur yang benar. Sekarang kalian sudah punya ide untuk konten yang akan disikan di blog kalian.
Mudahnya adalah dengan menentukan apa yang benar benar kalian minati, karena jika kalian memang minat dengan niche tersebut, kalian tidak akan cepat bosan membuat artikel ataupun kebingungan untuk mencari ide untuk artikel.

3. Melakukan riset

Langkah selanjutnya adalah dengan memastikan bahwa ada tempat atau pasar yang cukup menguntungkan dan besar untuk niche kalian. Hal ini bisa kalian lakukan dengan riset yang sederhana. Berikut ini adalah apa yang harus kalian lakukan.

Sebagai contoh, katakan bahwa traveling adalah salah satu hobi yang paling kalian sukai dan kalian ingin membuat sebuah blog tentang traveling. Selanjutnyakalian perlu melihat apakah topik yang kalian inginkan punya cukup banyak audiens dan pencarian, serta lihat berapa banyak persaingan yang muncul dalam topik tersebut.

Lakukan pencarian pada Google Trends. Ketikkan "travelling" untuk melihat apakah topik ini memiliki banyak peminat dan berapa banyak orang yang mencarinya di internet.
Langkah ini terbilang cukup penting karena grafik diatas akan menunjukkan kepada kalian apakah minat pada topik yang kalian stabil, naik atau turun seiring berjalannya waktu. Usahakan untuk menghindari topik yang menurun demi kepentingan blog yang akan kalian buat karena hal itu akan berlangsung untuk waktu yang lama.

Seperti yang bisa kalian lihat, traveling terlihat sebagai topik dengan peminat yang besar. Selama 12 bulan terakhir, minat dan pencarian untuk topik ini telah stabil, dan jika menurunpun hanya sedikit lalu kembali stabil. Ini berarti kalian akan memiliki cukup banyak pengunjung yang akan mengarahkan traffic ke blog kalian selama beberapa tahun ke depan.


4. Tentukan Target Pembaca

Ketika kalian memilih sebuah niche untuk blog, kalian perlu pemahaman yang jelas tentang siapa audiens atau target pengunjung yang kalian inginkan.

Maksudnya adalah :
Dibandingkan menulis artikel untuk siapa pun orang yang suka game, kalian perlu tau dengan jelas gamer seperti apa yang kalian targetkan, bisa saja game mobile, game PC, FPS, MMORPG, dll.

Ruang lingkup dan jangkauan dalam industri game sangatlah besar. Jika kalian mengambil sebuah mengincar sebuah sektor kecil, itu akan menghasilkan statistik blog yang luar biasa.

Jadi sebaiknya kalian memilih jenis permainan tertentu dan memiliki pengunjung setia yang memang menyukai topik tersebut.

Disqus Comments

NEWSLETTER SIGNUP