Aplikasi dan Cara Record Layar Android Game Mobile Legends


Setelah sebelumnya sudah saya berikan penjelasan tentang Apa Saja yang Harus Disiapkan Sebelum Memulai dan Menjalankan Channel Youtube di artikel ini.

Aplikasi dan Cara Record Layar Android

Pada kesempatan kali ini akan saya berikan rekomendasi software atau aplikasi untuk merekam layar android dan cara merekam permainan mobile legends.

Ini adalah cara buat kalian yang ingin merekam layar dan membagikan gameplay Mobile Legends di hp atau game lainnya dengan tujuan menguploadnya di Youtube dan ingin menjadi youtuber gaming, pastinya kalian akan membutuhkan setidaknya satu aplikasi yang dapat merekam apapun yang muncul di layar smartphone dengan resolusi yang baik dan tidak pecah-pecah atau bisa dibilang dengan kualitas video yang cukup bagus.

Maka dari itu, pada artikel ini akan saya berikan rekomendasi aplikasi yang bisa merekam layar smartphone android kalian.

Rekomendasi Software

Kebanyakan orang akan menggunakan kedua aplikasi di bawah ini untuk dapat merekam layar dan dapat menyertakan suara in game, berikut ini rekomendasi softwarenya :
  1. AZ Screen Recorder
  2. Mobizen Screen Recorder

Cara Record Layar Tanpa Software

Lalu bagaimana caranya agar bisa merekam layar smartphone android tanpa perlu download aplikasi tambahan?

Kebanyakan orang malas menginstall aplikasi tambahan, salah satu alasannya adalah karena permasalahan internal storage yang semakin menipis.

Untuk kalian yang ingin merekam layar di smartphone kalian tanpa perlu mendownload aplikasi tambahan, kalian bisa gunakan fitur dari Google Play Games. Dengan aplikasi bawaan android itu kalian bisa langsung mulai merekam layar di hp android tanpa perlu download aplikasi lain.

Caranya mudah saja, jadi langsung saja buka aplikasi Google Play Games, buka game yang ingin di rekam gameplay nya, misalkan Mobile Legends, selanjutnya akan muncul tampilan mirip gambar dibawah ini :

Yang harus kalian lakukan adalah menekan tombol Record dan pilih pengaturan tentang resolusi dan kualitas video yang diinginkan.

Dengan memanfaatkan tools ini kita bisa dengan mudah merekam dan membagikan Gameplay kita ke youtube, instagram,dll.

Fitur ini sangat cocok untuk kalian yang ingin menjadi youtuber pemula dengan tools seadanya, namun pastinya sangat efektif dan berguna. Tidak hanya video, namun suara ingame juga sudah ikut masuk dalam rekaman layar kalian.

Salah satu kekurangan dari penggunaan fitur ini adalah tidak terlalu banyak opsi dan pengaturan yang bisa dilakukan, karena bagaimanapun ini adalah fitur basic bawaan smartphone, yang tentunya hadir dengan fungsi seadanya dan cukup terbatas.

Kalau pendapat saya, saya lebih suka merekam gameplay menggunakan aplikasi tambahan seperti AZ Recorder, karena punya lebih banyak opsi yang bisa dipilih dan juga terasa lebih leluasa dalam merekam gameplay. Itu karena saat merekam layar dengan aplikasi ini tidak akan muncul watermark atau logo aplikasi yang mengganggu seperti aplikasi perekam layar lainnya.

Cara Untuk Record Gameplay Mobile Legends

1. Download aplikasi AZ Screen Recorder, bisa download di Google Play Store
2. Setelah proses installasi selesai, buka aplikasinya.
3. Tekan pada logo aplikasinya.
4. Masuk ke bagian setting dan pilih kualitas video yang diinginkan.
5. Untuk mulai record, tekan logo yang berbentuk film.
6. Mulai record dan buka game yang ingin kalian rekam.
7. Stop pada waktu yang diinginkan.

Setelah selesai merekam, nanti video yang dihasilkan akan tersimpan di gallery dan bisa dilihat langsung pada folder Video AZ Screen Recorder di file storage.

Metode Record

Ada dua cara yang biasa digunakan oleh kebanyakan orang, berikut adalah metode atau jenis perekaman game play tersebut :

  • Main lalu record : Bermain dulu dengan normal, kemudian baru merekam atau record replay permainan tersebut. Cara ini dinilai lebih baik, karena tidak akan mengganggu performa smartphone selama kalian bermain game.
  • Main sambil record : Bermain sambil merekam gameplay secara langsung juga bisa dilakukan, namun tentunya kalian harus punya device yang punya spesifikasi yang tinggi agar tidak mengalami lag.


Cara Untuk Live Streaming Dengan AZ Recorder

Untuk live stream, kalian juga bisa menggunakan AZ Recorder. Caranya kalian bisa mulai dengan menekan tombol dengan logo roller film.

Aplikasi AZ Recorder memberikan pilihan untuk live stream dalam 3 aplikasi, yaitu :

  • Facebook
  • Youtube
  • Twitch

Begitulah cara merekam layar smartphone android untuk menghasilkan dan membagikan gameplay kalian, semoga tips kali ini dapat bermanfaat buat kalian yang ingin menjadi youtuber gaming.
Disqus Comments

NEWSLETTER SIGNUP