5 Kesalahan Fatal Bloggers Pemula Yang harus Dihindari



Setelah pada artikel sebelumnya, " Kesalahan Fatal Bloggers Pemula Beserta Solusinya " saya telah memberikan 5 kesalahan fatal para blogger pemula beserta solusinya, pada kesempatan klai ini akan saya berikan kelanjutannya.

Kesalahan Bloggers Pemula Yang Harus Dihindari

Seperti sebelumnya, artikel kali ini memang tidak cukup panjang, namun pastinya akan cukup untuk mengatasi permasalahan blogging kalian serta membuat blog kalian menjadi lebih sukses.

1. Tidak Punya Niche Yang Kuat

Niche itu apa ? Niche bisa diartikan sebagai tema atau topik keseluruhan sebuah blog. Misalnya sebuah blog kebanyakan isi konten atau artikelnya berisikan tentang kesehatan, maka itu lah niche blog tersebut, Kesehatan.

Lalu apakah niche itu benar benar penting ? Jawabannya iya, penting banget.
Kenapa punya satu niche penting ? Karena jika sebuah blog hanya berisikan satu niche yang jelas, maka tanpa kalian sadari blog tersebut akan dinilai lebih profesional dan pemilik blog benar benar menguasi apa yang ada didalamnya.

Bagaimana dengan blog gado gado yang isi blognya ada beragam niche atau campuran ?
Sebenarnya tidak masalah jika kalian mengelola blog gado gado, tapi, blog gado gado lebih dikenal sebagai blog yang tidak terlalu ahli dalam bidangnya.

Analoginya misalkan kalian seorang dokter spesialis penyakit dalam, maka kalian pastinya benar benar ahli dalam bidang itu. Tapi jika kalian adalah dokter umum yang merangkap banyak keahlian, kalian mungkin bisa dibilang menguasai banyak bidang, namun kalian tidak terlalu ahli dibidang tersebut atau tidak spesialis. Sama seperti sebuah blog.

Perbandingan Blog Gado Gado dan Blog 1 Niche : 

  • Blog Gado Gado punya banyak kemungkinan untuk muncul pada beragam hasil pencarian, namun sama sekali tidak menjamin akan muncul pada peringkat teratas.
  • Blog 1 Niche memang tidak akan selalu muncul pada hasil pencarian yang berbeda beda, namun akan menjadi kandidat kuat jika pencarian dilakukan pada satu niche yang mereka kuasai.
Lalu bagaimana dengan blog yang sudah terlanjur gado gado ?
Tidak perlu menghapus artikel sebelumnya, hanya saja pastikan untuk membuat konten dengan dengan 1 niche yang diperkuat. Usahakan untuk membuat artikel yang tidak terlalu melebar dari niche yang akan di targetkan.


2. Kuantitas Lebih Penting Dari Kualitas

Banyak master blog dan SEO yang mengatakan bahwa salah satu kunci utama untuk dapat diterima oleh Google Adsense adalah dengan memberikan banyak artikel pada blog sebelum mendaftar ke Adsense.

Kenapa ? alasannya adalah blog yang punya banyak artikel dinilai lebih bermutu dan diprioritaskan dibandingkan artikel yang tidak terlalu bermanfaat karena punya sedikit artikel di dalamnya. Intinya semua hanya tentang punya banyak artikel, puluhan, bahkan ratusan.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan punya banyak artikel, namun jika banyak artikel namun tidak ada yang bermutu atau berkualitas, sebaiknya tidak perlu punya artikel sama sekali.

Alasan saya berkata sepeti itu adalah karena banyak blog yang melakukan copas dan hanya melakukan edit seperlunya asalkan lolos uji plagiarisme. Itu yang membuat para pemasang iklan yang percaya untuk mengeluarkan uang mereka sebagai sarana promosi melalui blog semakin berkurang.

Banyak bloggers yang hanya fokus untuk dapat diterima sebagai publisher Google Adsense, jadinya mereka hanya mementingkan kuantitas artikel dibandingkan kualitas.

Artikel yang berkualitas itu yang bagaimana ?

Ini adalah karakteristik artikel yang berkualitas :
  • Menjawab pertanyaan pengunjung
  • Informatif
  • Tidak copas / Original
  • Tidak bertele-tele
  • Enak untuk dibaca
  • Dapat dipercaya
  • Setidaknya berisikan 800 kata
Setidaknya sebuah artikel harus sudah memenuhi karakteristik diatas agar dapat dibilang artikel berkualitas. Jangan Copas Dan Edit.


3. Tidak Bergabung Dengan Komunitas

Seperti halnya melakukan usaha, mengelola blog juga bisa dibilang bergantung pada orang lain. Bergantung pada orang lain yang saya maksud meminta orang lain untuk mengurus blog kita, melainkan dengan bersosialisasi, aktif dalam komunitas blogging misalnya.

Dengan bergabung dan aktif dalam komunitas blogging, kalian akan dapat mendapatkan ilmu baru yang sebelumnya belum pernah kalian ketahui, juga hal penting yang kalian lupakan. kalian bahkan dapat meminta saran dan masukan dalam sebuah komunitas untuk dapat memperbaiki struktur blog kalian.

Sering kali saya menemukan banyak pertanyaan basic mengenai blogging yang diajukan oleh banyak bloggers pemula dalam sebuah komunitas, sebut saja group facebook. Dalam group tersebut banyak orang yang bertanya mengenai blog, SEO, traffic, bisa juga digunakan untuk promosi blog.

Buat kalian yang mengaku solo bloggers, saya sarankan kalian untuk bergabung dalam komunitas blogging, itu sangat penting untuk menyempurnakan blog kalian.


4. Tidak Peduli SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah proses yang dilakukan dengan tujuan meningkat visibilitas blog dalam hasil pencarian di Search Engine.

Memang benar bahwa konten yang berkualitas dan original adalah sebuah hal yang harus diutamakan, namun jangan mengesampingkan SEO terutama kalian yang menggunakan blog sebagai sarana bisnis dan marketing. Penerapan SEO pada blog sangat penting untuk meningkatkan peringkat blog dalam halaman hasil pencarian.

Dengan semakin meningkatnya posisi blog kalian di hasil pencarian, maka semakin besar pula kemungkinan bahwa akan ada lebih banyak customer atau client yang akan membeli product kalian, atau setidaknya dapat meningkatkan jumlah visitor.

Blog yang berada di halaman pertama hasil pencarian Google, setidaknya dapat menghasilkan ribuan bahkan ratusan ribu kunjungan setiap harinya. Bagaimana bisa ? Tentunya dengan menerapkan SEO pada blog atau situs, selain konten berkualitas dan original, sebuah blog juga membutuhkan promosi dan penerapan SEO.


5. Tidak Melakukan Internal Linking

Internal Linking adalah memberikan atau mencantumkan url yang mengarahkan pengunjung atau pembaca untuk membuka artikel lain pada blog kalian. Dengan melakukan internal linking, kalian bisa meningkatkan kemungkinan untuk membuat pembaca membuka artikel lain dalam blog dan meningkatkan page views.

Internal linking sangat penting untuk dilakukan, karena bisa memberikan referensi bacaan pada pengunjung dan sekaligus untuk mempromosikan konten. Tidak hanya itu, internal linking juga dapat digunakan untuk memasang backlink.

Internal link dapat menguatkan struktur website atau blog, karena juga termasuk dalam kategori SEO, bisa sekali mendayung dan melampaui 2 pulau gan.

Related Post Tidak Cukup

Kenapa saya bilang begitu ? karena kebanyakan orang tidak terlalu mau untuk membaca artikel yang tampil pada bagian related post, kecuali jika judul dan thumbnailnya benar benar menarik. Alasannya beragam, namun kebanyakan orang akan berpikir bahwa related post hanya menampilkan artikel dengan category yang sama, namun cenderung berbeda topik bahasan.

Saya sarankan kalian untuk memanfaatkan internal link untuk membangun blog kalian, usahakan setidaknya pada setiap artikel ada 1 atau 2 internal link yang mengarah ke artikel lainnya pada blog kalian.

Disqus Comments

NEWSLETTER SIGNUP