Kesalahan Fatal Bloggers Pemula Beserta Solusinya Part 1



Kesalahan Bloggers Pemula

Apaan sih, emang ngeblog salah ya ? Tidak ada yang salah dengan blogging dan menjadi bloggers. Yang bisa salah adalah cara dalam menjalankan dan membangun blog tersebut. Jika dilakukan dengan cara yang kurang tepat, maka blog akan sulit untuk sukses dan menghasilkan.

Lalu bagaimana caranya agar blog kita bisa sukses dan menghasilkan ? baca artikel ini :
1. Pengertian Blogging dan Panduan Membuat Blog Gratis Part 1
2. Panduan Sukses Dalam Blogging Part 2

Selain melakukan tips dan cara yang sudah saya bagikan dalam artikel diatas, kalian juga harus menghindari kesalahan kesalahan fatal di bawah ini. Langsung saja kita mulai.

1. Salah Pilih Nama Domain

Buat yang belum tau, domain dan nama domain itu berbeda. Domain atau yang biasanya kita(para bloggers) sebut TLD adalah bagian penutup dari url blog kita, misalnya .com .net .site .co.id dll. Sedangkan nama domain adalah bagian awal dari url blog kita, misalnya mastimon, findnlearnthings, Srank, dll.

Lalu apa salahnya ? salahnya adalah pemilihan nama domain yang tidak sesuai dengan niche atau tema blog kalian. Misalnya blog kalian berisikan konten tentang lirik lagu, maka akan salah besar jika kalian memilih nama domain yang tidak relevan, misalnya templatebagus.com

Jadi pastikan nama domain kalian cocok atau sesuai dengan niche blog agar lebih relevan untuk Search Engine dan membangun kepercayaan pengunjung.


2. Tidak Konsisten Menulis

Yang satu ini paling parah dan sering terjadi nih. Banyak bloggers atau webmaster yang kurang konsisten dalam menulis atau memperbarui artikelnya.

Alasannya bermacam macam, ada yang sibuk, malas, kurang motivasi, dll. Kalau memang tujuan kalian membuat blog cuma untuk wadah sharing saja tidak masalah jika kalian jarang buat artikel. Namun jika kalian membuat dengan alasan agar bisa mendapatkan uang dengan blog yang sukses, maka kalian salah jalan, nyasar.

Memang banyak orang yang merasa malas dan tidak mendapatkan kepuasan dalam blogging karena minimnya kunjungan pada blog mereka. Akhirnya apa ? mereka jadi malas dan jarang update artikel dan jumlah pengunjung pasti akan lebih turun lagi.

Solusinya adalah dengan tetap konsisten melakukan update artikel, baik artikel lama maupun membuat baru. Ibaratnya jika kalian punya lebih banyak konten atau artikel, maka pada saat ada orang yang searching di Google, blog kalian akan punya kesempatan yang lebih besar untuk muncul di hasil pencarian.


3. Tidak Riset Keyword

Riset keyword adalah mencari tahu apa yang sedang banyak dicari orang dalam search engine. Biar apa ? agar kalian bisa sedikit memastikan bahwa artikel kalian akan lebih sering muncul dan dibaca orang.

Riset keyword sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah dan tidak perlu membayar orang ataupun menggunakan tools khusus. Kalian bisa riset keyword dengan Google Trends yang bisa menunjukkan seberapa besar pencarian terhadap topik yang akan kalian buat dan judul apa yang sekiranya bisa digunakan.

Ini contohnya :

Pada gambar diatas bisa kalian lihat pada saat saya melakukan pencarian topik "adsense" akan muncul jumlah pencarian perharinya. Nah dari situ kalian bisa memutuskan untuk membuat artikel tentang topik itu atau tidak. Tidak hanya untuk topik dengan statistik negara indonesia, kalian juga bisa pakai untuk melihat statistik pencarian dari negara lain. Seperti pada blog saya yang lain (Findnread), saya mengisi blog tersebut dengan artikel bahasa inggris, maka saya akan melakukan pencarian data statistik tentang topik dengan bahasa inggris. Dari sini kalian bisa memilih untuk membuat konten untuk jangan panjang taau konten dengan jangka pendek(konten viral).

Sesudah melihat statistik diatas, ada beberapa pertimbangan dasar yang harus diketahui sebelum menentukan judul dan artikel yang akan dibuat, yaitu :

a. Tingkat persaingan

Tingkat persaingan adalah seberapa ketat atau banyaknya orang yang membuat artikel tentang topik tersebut. Semakin ketat persaingannya maka akan semakin susah juga untuk blog kalian agar bisa muncul di hasil pencarian. Cara mudah untuk mengetahui tinhgkat persaingan sebuah topik adalah dengan melihat dari minat pencarian harian.

b. Minat pencarian

Minat pencarian bisa menentukan tingginya tingkat persaingan sebuah niche. Mudahnya, jika seorang blogger sudah melakukan riset keyword dan menemukan bahwa topik artikel yang akan dia buat punya minat pencarian yang tinggi, maka bisa dipastikan bahwa ia akan membuat konten bermutu tentang topik tersebut agar menang dalam persaingan.

Solusinya adalah dengan menggunakan topik yang tingkat persaingannya rendah. Dengan memilih topik dengan persaingan yang rendah, maka akan lebih tinggi kemungkinan blog artikel kalian akan muncul di hasil pencarian degan status Page One.


4. Tidak Menulis Artikel Jangka Panjang

Artikel jangka panjang itu apa ? beda dengan konten jangka pendek(konten viral) yang menghasilkan banyak pengunjung dalam waktu singkat, konten jangka panjang adalah konten yang akan terus dicari dan diakses oleh banyak orang dalam periode waktu yang relatif lama.

Walaupun masa berlakunya terbilang lama, jumlah pengunjung blog tidak akan meningkat setajam konten viral, namun denga membuat konten jangka panjang blog kalian akan terus mendapatkan kunjungan bahkan hingga beberapa tahun mendatang.

Contoh konten jangka panjang adalah konten tentang pengetahuan dan tutorial. Walaupun pengetahuan dan tutorial akan cepat berubah karena perkembangan jaman, yang namanya pengetahuan akan selalu dicari, dan jika jaman sudah berubah pun pengetahuan akan tetap digunakan untuk referensi perkembangan. Bisa dibilang investasi sih.


5. Tidak Terlibat dan Memahami Pengunjung

Seperti yang sudah saya katakan pada artikel sebelumnya, berinteraksi dengan pengunjung sangatlah penting untuk keberlangsungan sebuah blog. Kebanyakan bloggers merasa tidak perlu untuk membalas komentar dan pertanyaan pengunjung, itu salah besar. Lihat gambar dibawah ini untuk contoh :


Sebelumnya, Era yang berkomentar pada sebuah artikel menanyakan hal yang sulit untuk ia mengerti, lalu setelah mendapatkan balasan atau jawaban dari pemilik blog, ia kembali ke blog tersebut untuk kembali berkunjung dan kembali menanyakan pertanyaan. Paham kan ? pengunjung yang puas akan kembali datang ke sebuah blog untuk membaca ataupun bertanya lagi.

Dengan hal ini, setidaknya kalian sudah mendapatkan satu pengunjung setia yang akan terus mengunjungi blog anda untuk menemukan informasi baru ataupun jawaban yang ia perlukan.

Jangan malas untuk berinteraksi dengan pengunjung, kebanyakan orang memang malas berinteraksi dengan orang lain karena dirasa tidak terlalu penting, namun jangan malas juga untuk berinteraksi jika kalian adalah pemilik sebuah blog.


Itu dulu penjelasan dari saya, pada lain kesempatan akan saya lanjutkan untuk membahas Kesalahan Fatal Bloggers Pemula Beserta Solusinya Part 2
Disqus Comments

NEWSLETTER SIGNUP