Panduan Sukses Dalam Blogging Part 2




Setelah pada artikel Panduan Membuat Blog sebelumnya saya sudah membagikan beberapa tips untuk membuat dan memulai sebuah blog, kali ini akan saya berikan kelanjutannya.

Panduan Sukses Dalam Blogging

Strategi ini dilakukan agar bisa membuat blog kalian menjadi lebih sukses dan dapat menghasilkan. Menghasilkan yang saya maksud bukan hanya menghasilkan uang, tapi juga untuk menghasilkan pengunjung dan bermanfaat bagi orang lain.

Langsung saja kita mulai.

Pilih Hosting Berkualitas

Hosting bisa dibilang penyewaan space atau storage untuk menampung data-data blog atau website yang diperlukan agar dapat diakses para client atau pengunjung lewat Internet. Data tersebut dapat berupa file, video, gambar, script, dan database website tersebut.

Pembelian hosting biasanya bisa satu paket ketika kalian membeli domain TLD, jadi tenang saja, jika sudah satu paket, maka akan lebih murah.

Pentingnya membeli hosting yang berkualitas adalah agar blog kalian dapat diakses dengan loading yang cepat. Kenapa loadingnya harus cepat ? Karena jika loading blog kalian lambat, maka para pengunjung akan pergi, cari blog lain. Kasusnya sama ketika kalian beli makan, jika pelayanannya lama maka kalian akan pergi ke tempat lain karena sudah terlalu lapar.

Kalian bisa beli hosting yang berkualitas di website dibawah ini :

  • Rumahweb
  • Hostinger
  • Jagoanosting
  • Niagahoster


Pakai Desain Blog Profesional

Selanjutnya adalah tentang desain atau template atau tampilan suatu blog. Percaya atau tidak, selain karena faktor kualitas konten, para pengunjung akan terus berada di sebuah blog karena desainnya menarik dan bisa membuatnya nyaman.

Kita orang Indonesia cenderung menilai sesuatu dari depannya saja, jadi tidak hanya konten berkualitas dan bermutu, usahakan agar blog kalian menggunakan desain yang profesional agar pengunjung merasa nyaman dan mempercayai blog kalian.

Seberapa profesional sebuah blog dinilai dari TLD dan juga Templatenya. Jadi tidak masalah jika kalian tidak menggunakan domain TLD, asal blog kalian punya tampilan dan konten yang menarik.

Template juga harus cepat dan responsif. Kenapa ? karena sebuah blog yang punya loading cepat akan membuat pengunjung merasa lebih puas. Jika kalian punya hosting yang mempercepat loading blog, akan percuma jika template kalian bekerja dengan berat. Hasilnya akan sama saja dengan blog yang tidak mempercepat loading nya.


Optimasi Blog Untuk Search Engine

Optimasi itu apasih ? Optimasi yang saya maksud adalah SEO, yaitu melakukan apapun agar Search Engine (Google, Yahoo, MSN, Bing) dapat menemukan blog kalian untuk ditampilkan pada hasil pencarian. SEO ada dua jenis, yaitu On-Page dan Off-Page, berikut penjelasannya :

1. On-Page

SEO On-page adalah optimasi untuk Search Engine yang dilakukan langsung di blog atau website. Ada beragam caranya, misalnya memperingan blog, memilih SSL yang bagus, penggunaan Heading, SubHeading, Minor heading, serta masih banyak lagi.

2. Off-Page

SEO Off-Page adalah optomasi yang dilakukan tanpa memperhatikan faktor faktor pengisi blog. SEO Off-Page lebih merujuk pada link building. Link building yang dimaksud bisa dilakukan dengan internal dan external linking dan membangun backlink dari blog besar.


Buat Konten Bermutu

Konten bermutu itu yang gimana sih ? Konten bermutu adalah konten yang bisa menjawab pertanyaan dan memberikan apa yang dicari oleh pengunjung blog.

Selain itu konten yang bermutu juga harus punya struktur penulisan yang bagus, jangan gunakan penjelasan kata yang sama secara berulang ulang dan urutannya salah. Misalnya kalian ingin menjelaskan sebuah topik, maka jangan gunakan penjelasan tersebut berulang ulang kali.

Usahakan untuk membuat urutan penjelasan yang lengkap untuk menghindari masalah ini. Selain itu usahakan konten yang kalian buat bisa memberikan penjelasan yang jelas dan jangan lupa, bukan konten hasil copas.

Saat seorang pengunjung puas dengan konten ori kalian, maka akan tinggi kemungkinan dia akan kembali untuk membaca artikel buatan kalian. Secara otomatis jumlah pengunjung kalian akan terus bertambah.


Share Artikel Kalian Ke Sosmed

Selain dari mesin pencari, media sosial juga bisa menjadi sumber trafik terbesar buat kebanyakan blog kecil yang pengunjung organiknya sedikit. Social media termasuk penting untuk membangun kesuksesan sebuah blog dan membuat webmasternya mudah untuk berbagi artikel.

Banyak sosmed yang bisa kalian gunakan sebagai tempat share artikel kalian, namun sosmed yang paling relevan untuk mendapatkan visitor tambahan adalah Twitter dan Facebook.


Membangun backlink

Backlink adalah sebuah link yang ditanam pada blog orang lain yang URL-nya mengarah ke blog kalian. Cara untuk mendapatkan backlink ada banyak, seperti membeli backlink, guest post di blog orang lain, bisa juga dengan mendapatkan backlink karena konten kita menarik.

Ada cara mudah untuk mendapatkan backlink selain cara diatas, yaitu dengan cara melakukan share artikel atau posting di platform menulis yang lain. Contoh dari platform untuk menulis yang saya sebut sebelumnya adalah LinkedIn dan Medium.


Interaksi Dengan Pengunjung

Berinteraksi dengan pengunjung juga penting dalam dunia blogging. Pada saat ada komentar atau pertanyaan dari seorang pengunjung, walaupun tidak penting, usahakan untuk dibalas. Jika seorang pengunjung menemukan sesuatu yang membingungkan pada artikel kalian, mereka akan membuat sebuah komentar pertanyaan. Jika ia puas dengan mendapatkan balasan dari pemilik blog, ia akan suka dengan blog tersebut dan akan kembali lagi untuk menanyakan hal yang berbeda pada blog kalian. 


Jangan Cepat Putus Asa

Membangun dan membesarkan sebuah blog bukan hal yang mudah dan instan, jadi kalian harus siap untuk mengalami masa masa sulit dalam membangun blog. Akan ada saat dimana blog kalian hanya punya sedikit pengunjung karena Google belum sepenuhnya mengenal blog kalian.

Kebanyakan orang akan kecewa dan berputus asa karena pengunjung blog mereka sedikit dan tidak diterima oleh Google Adsense. Orang yang tidak siap menerima kondisi ini akan cenderung menyerah dan tidak melanjutkan blog mereka dan berhenti. Ini salah, yang sebenarnya harus dilakukan adalah memperbanyak konten dan riset keyword yang sekiranya banyak dicari orang dengan persaingan yang rendah. Jadi kalian harus sabar dan tetap konsisten untuk mengembangkan blog kalian.


Disqus Comments

NEWSLETTER SIGNUP