Pengertian Blogging dan Panduan Membuat Blog Gratis




Hari gini masih ngeblog ? Ya masih lah. Hari ini masih ada banyak sekali orang ngeblog. Masih banyak bloggers yang bertahan dan sukses dengan blog mereka.

Apa itu Blogging ?

Blogging adalah kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh para bloggers dengan memperbarui konten atau artikel pada suatu website atau blog. Tujuannya juga beragam, ada yang cuma sekedar hobi, ada juga yang bisa sebagai pekerjaan utama penghasil uang.

Setiap harinya ada ratusan sampai ribuan blog yang muncul di internet. Banyak orang yang suka berbagi pengetahuan, informasi, atau karya di internet. Selain karena keinginan untuk membagikan apa yang mereka temukan, bloggers biasanya juga terdiri dari orang orang yang ingin mendapatkan uang dari internet. Penghasilan blog besar dengan ribuan atau bahkan ratusan ribu pengunjung perharinya memang lah besar, tapi itu membutuhkan waktu yang lama hingga titik tersebut dapat tercapai. Tidak hanya perlu waktu yang lama, untuk menjadikan sebuah blog, seorang bloggers atau webmaster perlu menuangkan modal di bawah ini :
1. Tenaga : dibutuhkan untuk selalu memperbarui artikel atau konten di blog. Buat kalian yang mengira kalau jadi bloggers itu mudah, kalian salah. Mengelola blog juga membutuhkan tenaga berlebih untuk orang yang punya banyak kesibukan.

2. Pikiran : perlu ditekankan lagi bahwa pikiran seseorang dapat dituangkan pada blog mereka, dari situ mereka bisa menentukan apa yang akan mereka tuliskan di blog. Bisa berawal dari pengetahuan, atau bisa juga dengan mencari informasi dari blog lain lalu menyebarkannya.

3. Uang : Dapetin uang dengan bermodal uang memang benar adanya. Tapi yang saya maksud disini bukanlah uang untuk membeli blog atau website yang sudah besar. Melainkan untuk biaya promosi blog atau untuk membeli backlink. Sebenarnya tanpa melakukan promosipun tidak masalah, selama kalian bisa mendatangkan banyak pengunjung perharinya.

4. Tekad : Tekat yang kuat dibutuhkan agar bloggers tetap mau melakukan update artikel mereka bahkan pada saat pengunjung blog mereka sepi. Tekad yang kuat akan membuat para bloggers konsisten hingga mencapai titik tujuannya.

Untuk membuat blog, sebenarnya kalian tidak membutuhkan biaya sama sekali, itu jika kalian menggunakan CMS gratisan seperti Blogger.com ataupun WordPress.

Berikut ini cara membuat blog dengan Blogger


  1. Masuk dan membuat akun di Blogger.
  2. Klik Blog baru.
  3. Isikan nama blog kalian, misalnya Srank.
  4. Tentukan alamat blog kalian, misalnya srangrang.blogspot.com
  5. Pilih template yang kalian inginkan.
  6. Klik Buat blog.


Pertimbangan Calon Bloggers

Sebelum memulai untuk membuat blog, ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan terlebih dahulu. Berikut ini beberapa pertimbangan tersebut :

1. Tentukan Niche Blog 

Apa itu niche ? Niche bisa dibilang sejenis topik atau tema yang menggambarkan keseluruhan blog kalian. Contoh dari niche adalah kesehatan, teknologi, politik, edukasi, dll. Sedangkan blog yang punya konten atau artikel dengan berbagai macam niche bisa dibilang blog gado gado(Campuran). Untuk menentukan niche blog kalian, ada dua pertimbangan utama, yaitu :

  • Niche yang ramai dicari orang
Niche yang satu ini biasanya memiliki lebih banyak potensi untuk dikunjungi orang. Dengan maraknya artikel dengan niche tertentu, maka akan semakin banyak pula kemungkinan blog kalian akan muncul di halaman pertama pencarian dan dibuka orang.

  • Niche yang kalian kuasai
Pentingnya untuk memilih niche atau topik yang kalian kuasai adalah untuk memudahkan kalian dalam membuat konten untuk blog kalian. Memang benar kalian bisa sekedar buka dan cari di Google, lalu edit seperlunya, namun akan membuat kalian membutuhkan lebih banyak waktu dan usaha. Jadi akan lebih baik jika kalian membuat blog dengan ide dan pikiran yang benar benar kalian mengerti.

2. Pikirkan strategi pemasaran

Strategi pemasaran yang saya maksud tidak sebatas mengiklankan dengan membayar Google,Facebook, dll. Melainkan kalian bisa mengiklankan blog kalian dengan berbagai cara di bawah ini :

  • Melakukan Guest Posting
Guest posting adalah kegiatan untuk melakukan posting di blog orang lain dengan statistik yang sudah bagus, atau setidaknya sudah punya nama di mata Google dan Search Engine lainnya.

  • Membagikan Url ke sosmed 
Cara kedua ini memanglah cara yang termudah, namun usahakan untuk menggunakan akun dengan jumlah teman atau pengikut yang besar, agar lebih efektif. Selain itu kalian jangan melakukannya terlalu sering, contohnya di facebook, jika kalian share url blog kalian berkali kali dalam sehari, facebook bisa menganggapnya sebagai spam dan memblokir url kalian sehingga tidak bisa membagikan url blog kalian lagi.

Jika tanpa sengaja url kalian terblokir oleh facebook, yang bisa kalian lakukan adalah dengan memendekkan url kalian dengan url shortener, misalnya bit.ly.

  • Blog Walking
Saya tau kalian pasti suka yang mudah. Jadi cara ini terbilang mudah karena cukup dilakukan dengan melakukan kunjungan ke blog lain dan memberikan komentar dengan menyertakan url yang mengarah ke blog kalian.

Tapi jangan hanya asal komen dan mencantumkan url blog, kalian juga harus sedikit smart. Usahakan berikan komentar yang berkualitas, baru mencantumkan url kalian sebagai referensi tentang topik artikel yang sama. Kenapa ? karena dengan melakukan hal tersebut dan pemilik blog itu suka dengan komentar kalian, maka besar kemungkinan kalau pemilik blog tersebut akan mencantumkan url blog kalian sebagai referensi lain pada artikel tersebut, dan secara tidak langsung kalian akan mendapatkan satu backlink dari situ. Jadi usahakan untuk memberikan komentar bermutu.

3. Pilih Nama Domain

Selanjutnya adalah memilih nama domain untuk menjadi url blog kalian. Misalnya blog ini menggunakan nama domain srangrang, kalian bisa menggunakan nama domain yang unik, ataupun yang sesuai dengan niche blog kalian. Jika blog kalian punya niche tentang SEO, maka kalian bisa menggunakan nama domain seperti autoseo.com, tutorseo.net, dan lain lain.

Dengan menggunakan domain yang unik dan sesuai dengan niche blog, kalian akan memudahkan Google untuk menemukan blog kalian saat ada yang melakukan pencarian dengan topik blog kalian.

4. Tentukan kapan harus posting

Nah langkah yang satu ini sebenarnya tidak terlalu penting, namun dapat membuat kalian agar lebih terjadwal dan konsisten dalam menulis. Mungkin banyak yang belum tau, Google lebih menyukai blog yang rajin dan konsisten dalam melakukan posting.

Tidak perlu setiap hari, asalkan rutin dan konsisten. Kalian bisa menjadwalkan untuk posting artikel setidaknya dua kali dalam seminggu jika kalian punya pengunjung artikel yang banyak perharinya.


Sampai disini dulu Panduan Untuk Membuat Blognya, nanti akan saya lanjut lagi di part kedua. Untuk artikel Part 2 bisa kalian baca melalui artikel di bawah ini :

Panduan Sukses Dalam Blogging Part 2
Disqus Comments

NEWSLETTER SIGNUP