Tips Meningkatkan Visitor Blog Hingga 230%


Blog Sepi Pengunjung ?

Banyak bloggers pemula yang mengeluhkan kondisi ini karena merasa usia blog mereka belum cukup lama dan belum bisa mendapatkan penghasilan. Salah satu alasannya adalah karena blog mereka tidak memiliki cukup banyak pengunjung. Untuk kalian yang ingin tau cara yang benar dan efektif untuk membuat blog yang bisa menghasilkan, kalian bisa baca artikel di bawah ini :
Pengertian Blogging dan Panduan Membuat Blog Gratis
Panduan Sukses Dalam Blogging Part 2

Berdasarkan permasalahan di atas, kali ini saya akan membagikan Tips Agar Blog Kalian Banyak Pengunjung secara gratis tanpa perlu mengeluarkan modal untuk kalian semua.

Tips Agar Blog Banyak Pengunjung

Berikut ini adalah cara-cara yang mudah untuk dilakukan, namun dapat membantu meningkatkan pengunjung blog, diantaranya :

1. Submit Blog ke Search Engine

Hal yang paling penting untuk kalian lakukan untuk mendapatkan visitor adalah dengan submit url blog memperkenalkan blog kalian ke mesin pencari (search engine) seperti Google, Yahoo, Bing, dll. Dengan begitu artikel yang sudah kalian terbitkan akan mudah di ditemukan oleh mesin pencari pada saat ada orang yang melakukan pencarian.

Contoh search engine yang bisa digunakan untuk submit artikel adalah :
  • Google Search Console : jangkauan global, semua bahasa, milik Google. Bahasa apapun bisa.
  • Bing & Yahoo : Global, namun tidak sebesar Google, milik Microsoft. Bahasa apapun bisa.
  • Yandex : Untuk kebanyakan area Rusia, tidak terlalu besar, namun CPC dan CPM dari Rusia cukup besar dibandngkan Indonesia. Disarankan untuk blog dengan artikel bahasa inggris.

Tidak hanya dikenali oleh search engine, blog yang sudah disubmit dan dikenalkan dengan search engine akan menjadi lebih mudah ditemukan di internet karena statusnya yang sudah ter-index di berbagai search engine, atau setidaknya pada Google. Itu adalah salah satu penyumbang trafik yang paling bermutu, berkelas, dan jitu.

Cara Submit Artikel ke Google Search Console

2. Share Artikel di Social Media

Pasti cara yang kedua ini sudah banyak orang yang mengetahuinya. Dengan melakukan hal ini, kalian juga dapat meningkatkan jumlah pengunjung blog kalian secara instan atau dalam sekejap mata. Hal yang dibutuhkan hanyalah judul artikel dan thumbnail yang menarik, agar dapat membuat seseorang penasaran dengan isi artikel dan membacanya.

Saya sarankan untuk kalian yang ingin melakukan cara ini agar melakukan share artikel ke group yang punya hubungan atau berkaitan dengan tema artikel yang kalian bagikan. Sebagai contoh, jika kalian memiliki blog dengan niche pendidikan, usahakan untuk share artikel di dalam forum yang masih berkaitan dengan pendidikan, forum diskusi pembelajaran misalnya. Itu adalah salah satu cara termudah untuk meningkatkan pengunjung blog.

Cara ini sudah terbukti dapat mengingkatkan pengunjung blog dengan instan, saya bisa menjamin hal ini karena saya sudah pernah mencobanya, dan apa ? pengunjung menjadi banyak meningkat. Selain di group Facebook, kalian juga bisa melakukannya di Twitter, namun gunakan hashtag yang tepat atau yang sedang trending untuk memaksimalkan jumlah kunjungan yang diterima.

3. Blog Walking

Kalian pasti sudah sering melihat ada yang mengajak Blog Walking atau sering disingkat BW. Blog Walking itu apa ? Blog walking adalah kegiatan yang dilakukan oleh pemilik blog untuk mengunjungi blog lain dan memberikan komentar. Manfaatnya adalah kalian akan mendapatkan nilai tambah untuk blog kalian, selain meningkatkan jumlah kunjungan, blog walking juga dapat meningkatkan nilai suatu blog di mata search engine karena dinilai sebagai blog yang berguna dengan adanya interaksi dengan pengunjung, yang berupa komentar.

Saat ini melakukan Blog Walking memang masih sering dilakukan dan ditemukan di berbagai forum diskusi, contohnya adalah Grup facebook. Dengan menggunakan metode ini, dinilai cukup cepat meningkatkan banyaknya pengunjung blog walaupun trafficnya tidak sebagus traffic dari search engine.

4. Aktif di Forum Diskusi

Dengan aktif di forum diskusi, biasanya banyak orang, khususnya para publisher untuk mendapatkan backlink sekaligus trafik yang mengarah ke blog yang mereka kelola. Untuk kalian yang masih belum benar benar paham apa itu backlink, kalian bisa baca di artikel ini.

Proses yang dilakukan pun cukup simple, kalian hanya perlu membagikan tips tips seputar blogging, atau artikel sejenis disana, lalu sisipkan beberapa kata yang berisikan url untuk redirect atau mengarah ke blog kalian sebagai referensi.

Jika kalian benar benar ingin melakukan cara ini, akan saya berikan beberapa contoh forum yang dapat digunakan untuk meningkatkan kunjungan blog sekaligus mendapatkan backlink, inilah forum tersebut :
  • Kaskus
  • Ads.id
  • Detik
  • Viva
  • Tribunnews
  • dll

5. Guest Posting

Cara ini sebenarnya bekerja dengan konsep yang hampir sama dengan cara diatas(no 4), namun dinilai lebih efektif untuk meningkatkan jumlah kunjungan dan backlink untuk blog kita. Namun keduanya sama-sama bisa membuahkan hasil yang baik untuk blog kalian. Namun jika diminta untuk memilih, saya pribadi akan lebih memilih untuk melakukan Guest Posting, karena nilai backlinknya akan lebih baik jika dibandingkan dengan backlink dari forum forum yang cenderung sering dikategorikan sebagai spam.

Menurut pengalaman saya yang pernah melakukan Guest Posting di situs atau blog orang lain, jika di pikir - pikir akan menguntungkan kedua belah pihak. Pemilik situs atau blog akan mendapatkan masukan artikel gratis, dan penulis artikel bisa mendapatkan backlink dari situs tempat ia melakukan guest posting.

Disqus Comments

NEWSLETTER SIGNUP