Cara Submit Url dan Sitemap di Yandex Search Engine 2019



Setelah pada artikel sebelumnya telah saya berikan tutorial untuk submit artikel ke Google dan Bing, pada artikel kali ini akan saya berikan tutorial tentang bagaimana agar blog kalian bisa mendapatkan lebih banyak visitor dengan Yandex Search Engine.

Submit Url di Yandex Search Engine

Pastinya banyak dari kalian yang belum tahu tentang Yandex. Yandex adalah perusahaan internet di Rusia yang juga memiliki Search Engine sendiri. Yandex juga merupakan search engine yang besar, dilansir dari comscore.com, Yandex adalah search engine yang tersesar ke empat didunia setelah Google, Bing, dan Yahoo.

Maka dari itu, saya berikan tutorial ini agar blog kalian bisa mendapatkan visitor besar dari mesin pencari Yandex sebagai tambahan kunjungan.
Search Engine ini sangat cocok buat kalian yang mengelola dan menjalankan blog atau website berbahasa inggris, karena trafficnya juga sangat bagus.

Proses submitnya terbilang sangat mudah, bahkan jauh lebih mudah dari submit artikel di Google Search Console.

Kelebihan dan Kekurangan Yandex

Setiap search engine pasti punya kelebihan dan kekurangan tersendiri, berikut ini kekurangan dan kelebihan Yandex :
Kekurangan Yandex
  • Mayoritas pengguna orang Rusia
  • Artikel dan Blog minimal berbahasa Inggris
  • Tidak cocok untuk blog bahasa Indonesia

Kelebihan Yandex
  • Persaingan tidak sebesar Google
  • Trafficnya dan kunjungan cukup bagus

Cara Menambahkan Blog ke Yandex Search Engine

  1. Daftar akun untuk Yandex, biasanya termasuk akun untuk email, sama seperti Gmail.
  2. Masuk dan Login ke Yandex Webmaster Tools untuk Add Site. Ini linknya. Tampilannya akan seperti gambar dibawah ini. 
  3. Masukan alamat atau Url blog kalian seperti gambar dibawah. Contohnya : https://srangrang.blogspot.com lalu pilih Add Site.
  4. Setelah kalian Add Site, selanjutnya kalian akan diberikikan instruksi untuk verifikasi kepemilikan dari blog yang tadi sudah dimasukkan. Kalian bisa memilih untuk verifikasi mengunakan kode agar lebih mudah.
  5. Cara verifikasi adalah dengan memasukkan meta tag yang diberikan di antara kode  dan 
  6. Lalu kembali ke halaman Yandex Webmaster Tools dan pilih Check. Dengan begitu kalian sudah selesai menambah sekaligus verifikasi blog kalian di Yandex Search Engine.

Submit Sitemap dan Artikel Baru ke Yandex

Setelah menambahkan blog kalian, sekarang yang harus kalian adalah submit Sitemap dan artikel baru dari blog kalian.
  1. Pilih blog yang kalian inginkan
  2. Expand menu Indexing, lalu klik Sitemap Files dan masukan url untuk Sitemap blog kalian, misalnya https://srangrang.blogspot.com/sitemap.xml atau dengan atom.xml lalu tekan Add
  3. Yandex Webmaster akan mengurus sisanya, kalian bersabar saja, biasanya proses indexnya sedikit lama, bisa mencapai satu minggu.
  4. Untuk submit artikel baru, kalian bisa masuk ke menu Reindex pages dan masukkan url yang ingin kalian submit, lalu tekan Send.
Tunggu saja dengan sabar, crawler bot akan selesai memindai, listing dan index artikel baru kalian untuk ditampilkan di hasil pencarian mesin pencari yandex dalam 3 hari.

Dengan ini berakhir sudah tutorial tentang cara menambahkan dan submit blog ke Search Engine.
Disqus Comments

NEWSLETTER SIGNUP