5 Browser Terbaik Khusus OS Android 2020 | Ringan dan Fiturnya Lengkap


Siapa sih yang tidak menggunakan internet ? Bisa dibilang 75% orang di dunia menggunakan internet, terlebih anak muda.

Definisi Browser

Selain membutuhkan search engine, untuk dapat melakukan pencarian di internet, maka diperlukan juga sebuah browser. Kegunaan utama browser tentunya adalah untuk browsing, entah untuk mencari hiburan, informasi, tutorial, dan lain sebagainya.

Cara kerja browser adalah dengan menyambungkan pengguna dengan berbagai situs dan search engine (mesin pencari) untuk melakukan apapun yang mereka inginkan.

Browser Terbaik Khusus OS Android

Dulu kegiatan browsing hanya dapat dilakukan menggunakan komputer, namun saat ini mencari apapun di internet dapat dilakukan dengan sangat mudah karena browser sudah ada di smartphone, entah dengan OS android, iOS, dll.

Dengan hadirnya browser pada smartphone, maka sudah dapat dipastikan bahwa setiap smartphone yang di terbitkan akan dilengkapi dengan browser bawaan, misalnya Chrome, interner browser, dll

Namun jika kalian perhatikan, pada browser bawaan smartphone atau handphone sering terjadi banyak masalah, entah karena terjadi lag, tampilan situs tidak ter-render dengan benar, dan banyak fitur yang kurang.

Karena ada banyak kekurangan pada browser default atau bawaan HP, maka kali ini saya akan berikan rekomendasi untuk kalian tentang 5 browser terbaik smartphone Android yang bisa kalian pilih dan gunakan secara gratis.

1. Google Chrome

Tidak hanya menjadi browser terbaik untuk device dengan resolusi yang besar seperti Laptop atau PC, Google Chrome juga merupakan salah satu browser yang berbasis aplikasi terbaik untuk smartphone, terutama untuk smartphone dengan Android OS. Hal itu bisa dilihat dengan Google yang cenderung ingin memberikan layanan dan pengalaman terbaik bagi para penggunannya.

Untuk tampilannya sendiri, Google Chrome versi mobile punya tampilan yang sama persis dengan versi dekstop/PC, namun tentunya sedikit menjadi lebih sempit karena disesuaikan dengan tampilan mobile yang relatif kecil dan tidak luas.

Untuk fitur tidak perlu diragukan lagi, tentunya fitur dan ekstensinya sudah cukup lengkap untuk penggunaan mobile. Dengan Chrome kalian tidak perlu pusing atau kebingungan tampilan sebuah situs, karena Google Chrome dapat memuat semua resource yang ada di berbagai situs, seperti HTML, HTML5, css, Java Script, dll.

2. Maxton Browser

Maxton adalah browser yang dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi, seperti Windows, Android, Mac OS, IOS, Windows Phone, Linux. Maxton sendiri pertama kali di release pada tahun 2002 dan sudah menjalani banyak perubahan.

Maxton  juga merupakan browser yang bisa dibilang cukup handal dan mumpuni bagi pengguna smartphone dengan OS Android, terlebih lagi dengan ditambahkannya fitur gesture yang bisa membuat penggunanya untuk melakukan navigasi seperti kembali kehalaman sebelumnya hanya dengan menggerakan jari sesuai yang ada di atas layar, hampir seperti smart gesture pada windows.

3. UC Browser

UC Browser (yang dulunya UC Mobile) juga termasuk salah satu browser berbasis aplikasi untuk Android terbaik yang dapat digunakan secara gratis. Browser ini dibuat dan dikembangkan oleh UCWeb yang di rilis pada tahun 2004. Browser ini menawarkan pengalaman browsing yang memuaskan karena memiliki peforma yang bagus, cepat, serta reponsive.

Tidak hanya dalam hal performa, UC Browser juga dilengkapi dengan fitur Adblock yang dapat memblokir segala jenis pada sebuah website. Memang banyak orang yang tidak ingin melihat iklan Google pada saat mereka sedang browsing atau mengunjungi sebuah situs, namun dengan melihat iklan berarti kalian menghargai usaha pemilik situs atau blog tersebut.

Tidak hanya sebagai browser yang menyediakan layanan untuk browsing, UC juga memiliki fitur yang bernama UC News, yang dapat kalian manfaatkan untuk membaca berita dan info terbaru dengan lebih mudah.

4. Dolphin Browser

Dolphin Browser menjadi sangat populer karena merupakan browser pertama yang memiliki fitur gesture bagi penggunanya, lalu sekarang banyak diterapkan di berbagai browser, termasuk Maxton. Tidak hanya menawarkan kemudahan browsing dengan tampilan yang ringan, browser ini juga dinilai sangat cepat pada saat digunakan.

Dolphin Browser ini juga dilengkapi dengan adanya fitur Adblock yang dapat memblokir semua iklan yang muncul pada sebuah website ataupun blog.

5. Firefox Browser for Android

Tidak hanya terkenal di bidang desktop device, aplikasi browser yang menggunakan rubah api sebagai logonya ini juga compatible untuk digunakan pada perangkat dengan OS Android. Hampir sama seperti versi desktopnya, browser Firefox untuk Android juga menawarkan masih tetap mengizinkan penambahan dan penggunaan Add-on yang cukup beragam, termasuk untuk pemasangan AdBlock, VPN, dan Add-on lain sebagainya.


Demikian artikel yang berisikan rekomendasi tentang 5 Browser Terbaik Khusus OS Android 2020 untuk kalian agar dapat browsing dengan tenang, cepat, dan puas.

Disqus Comments

NEWSLETTER SIGNUP