Cara Mengatasi "Your Blog Doesn't Currently Qualify for AdSense" 2020

Blog Belum Memenuhi Syarat AdSense ?

Tenang, kali ini akan saya bahas dengan lengkap dan rinci agar blog kalian bisa diterima oleh Google AdSense. Karena menurut saya percuma banyak visitor, namun income tidak ada sama sekalia karena ditolak.

Untuk para bloggers yang ingin melakukan monetisasi terhadap blog atau websitenya, pasti kebanyakan blogger baru lebih memilih adsense, karena tergiur dengan pendapatan yang sering dibagikan oleh banyak bloggers senior.

Apasih kelebihan Adsense ?

Sebenarnya kelebihannya banyak, namun berikut ini adalah kelebihan Adsense yang paling mendasar:
1. Iklan Menarik.
Iklan dari AdSense memang sangat menarik dan enak dilhat, serta tidak mengganggu. Walaupun iklan memang bisa menjadi sumber pendapatan dalam sebuah blog, semakin banyak iklan yang tayang memang semakin baik pula untuk penghasilan bloggers. Namun jika iklannya mengganggu seperti Under Click, Pop Under, dan iklan sejenisnya sangat menganggu pengunjung blog. Tidak hanya itu, iklan dari jaringan periklanan yang lain juga cenderung tidak enak untuk dipandang, karena biasanya ada iklan dengan tampilan yang menjijikkan. Namun kalian tenang saja, iklan dari Google Adsense sangat menarik, sesuai dengan minat pengunjung, dan enak dilihat.

2. Pendapatan Maksimal
Buat temen temen yang pernah mencoba jaringan periklanan yang lain, misalnya Propeller Ads dan RevenueHits biasanya tidak akan ada pendapatan yang masuk ke saldo jika tampilan iklannya belum sampai 1000 impresi/tayangan. Enaknya menggunakan AdSense adalah pendapatan kalian akan tetap masuk ke saldo walaupun hanya bisa mengumpulkan ratusan bahkan puluhan tayangan sekalipun.

3. Nampak Profesional
Entah sadar atau tidak, blog yang dipasang iklan AdSense akan terlihat jauh lebih profesional dibanding blog dengan iklan dari periklanan lain. Dengan tampilan iklan yang responsif, kalian tidak perlu bingung mengatur tampilan iklan walaupun blog kalian dibuka dengan Smartphone sekalipun.

Persyaratan Utama Kelayakan AdSense

Berikut ini adalah syarat syarat tertulis dan tersurat untuk sebuah blog agar dapat didaftarkan dan diterima oleh AdSense.
1. Punya Blog Milik Sendiri
Yang ini sudah pasti, agar nanti untuk administrasi dan masalah keuangan, kalian tidak perlu pusing untuk memikirkan pembagiannya dengan orang lain. Selain itu, kalian memang harus punya blog sendiri agar dapat mengurus dan mengatur blog kalian tanpa perantara orang lain.

2. Konten Harus Memenuhi Kebijakan AdSense
Konten yang sesuai kebijakan AdSense itu yang bagaimana ? Ada beberapa kriteria konten atau artikel yang dianggap memenuhi kebijakan AdSense. Berikut ini adalah beberapa kriteria penting sebuah konten agar dapat memenuhi kebijakan tersebut :
  • Tidak Copy Paste : Konten yang dibuat harus benar benar tulisan tangan atau hasil ketik kalian sendiri, jangan asal copy paste dari blog orang lain dan dipublish di blog kalian. Selain dapat ditolak AdSense, blog yang melaukan hal ini akan masuk dalam sandbox Google, dan terancam tidak mendapatkan pengunjung sama sekali.
  • Aman Dari Copyright : Maksudnya adalah kalian tidak melakukan pencurian tanpa izin terhadap karya orang lain, baik berupa gambar, audio, video, text yang nantinya akan diterbitkan di blog kalian. Setidaknya untuk pembuatan gambar, kalian perlu sedikit skill editing pada gambar yang akan di publish.
Setidaknya dengan memenuhi kedua kriteria diatas, blog kalian akan satu langkah lebih dekat untuk diterima AdSense.

3. Kalian Harus Berumur 18 Tahun
Kenapa harus 18 tahun ? Karena nanti sebelum kalian dapat menerima pembayaran dari iklan yang tayang di blog kalian, akan ada proses verifikasi terhadap semua Publisher ADSense, yang nantinya ID card kalian(bisa KTP) akan dipakai untuk verifikasi tersebut. Buat kalian yang belum cukup 18 tahun, kalian bisa daftar namun perlu menggunakan nama dan data lainnya yang sesuai dengan KTP orang tua kalian.

Ketentuan Tambahan

Sebenarnya ini bukanlah persyaratan yang tertulis dari AdSense, namun ini didapatkan dari pengalaman saya sendiri :
1. Template Simple dan Responsif
Pernah saya ditolak oleh Google Adsense pada blog saya yang sebelumnya, yaitu karena tampilan atau template yang tidak responsif dan kurang user friendly untuk para pengunjung blog. Jadi usahakan untuk pakai template yang responsif dan cukup sederhana untuk dimengerti oleh pengunjung.

2. Traffic Tidak, Tapi Membantu
Menurut saya traffic tidak terlalu penting, karena dulu waktu pertama kali saya mendaftar Google AdSense, traffic blog utama saya cukup rendah, bahkan perharinya hanya ada sekitar 200 pageviews. Dan itupun dapat diterima oleh AdSense. Jadi jika kalian punya blog dengan pengunjung harian yang tidak terlalu banyak, tenang saja, kalian masih bisa diterima. Asalkan blog kalian sudah punya beberapa artikel yang telah terindex oleh Search Engine, misalnya Google, Bing, dan Yahoo.

3. Umur Blog dan Jumlah Artikel
Untuk para bloggers senior yang mengatakan bahwa umur blog dapat menentukan diterimanya sebuah blog, saya sangat tidak setuju. Kenapa ? karena pada saat saya mendaftar AdSense, usia blog saya baru sekitar 2 minggu dan hanya ada sekitar 7 artikel saja, itupun dapat diterima.

4. Platform Blog
Platform blog yang saya maksud disini adalah CMS atau Content Management System. Contoh dari CMS yang sering digunakan di Indonesia adalah Blogger dan WordPres. Tidak masalah jika kalian menggunakan Blogger ataupun WordPress, mau itu yang gratis atau berbayar, semuanya akan memiliki proses tersendiri untuk didaftarkan di AdSense. Jadi kalian bebas untuk menggunakan platform apapun, bahkan pada Blogger memang terdapat tab khusus yang dapat digunakan untuk mendaftar AdSense.


Alasan Blog Sering Ditolak AdSense

Sebenarnya tidak hanya itu, ada banyak lagi alasan yang bisa membuat blog kalian ditolak AdSense.

1. Blog Tidak Cukup Berharga

Blog tidak menyediakan artikel yang cukup unik, original, dan bermanfaat bagi para pengunjung. Blog yang mudah diingat oleh visitor dan dapat diterima oleh AdSense adalah blog yang unik dan spesial, jadi makin spesial blog kalian, maka akan semakin besar peluang kalian untuk diterima AdSense. Selain itu, kalian juga harus memberikan alasan agar pengunjung blog kalian mau mengunjungi blog kalian lagi, misalnya dengan update tutorial terbaru, informasi terkini, dll. Agar setidaknya dapat terlihat seperti orang yang berlangganan koran mingguan.

2. Artikel Tidak Memadai

Selain jumlah artikel yang cukup dan dapat bermanfaat untuk orang lain, tentunya kalian tidak boleh asal ngepost. Misalnya untuk memperbanyak jumlah artikel, kalian hanya post artikel dengan sedikit jumlah kata, itu sangat tidak dianjurkan. Setidaknya dalam satu artikel harus ada minimal 300 kata atau lebih, untuk amannya kalian gunakan 500 kata, itu sudah cukup baik.

3. Konten Kurang Bermutu

Selain konten yang tidak hasil copy paste, konten yang kalian berikan tidak boleh didapatkan dengan cara Auto Generated Content (AGC). Konten yang didapat dengan dapat berakibat buruk buat blog kalian, bahkan lebih buruk dari masuk Google Sandbox, yaitu di banned. Sekalinya blog kalian di banned, hilang sudah perjuangan kalian selama ini.

4. Konten Tidak Layak

Apa itu konten yang tidak layak ? Konten yang tidak layak untuk mendaftar ke AdSense adalah konten yang berbau, por*ogr*fi, s*x, perjudian, sara, hacking, dan hal hal lain yang terindikasikan sebagai tindakan tidak pantas. Usahakan untuk memilih niche yang baik dan banyak diminati orang, misalnya kesehatan, teknologi, game, berita, dll.

5. Template 

Kenapa template saya bahas kembali, karena penggunaan template ini memang bisa dibilang cukup krusial untuk penerimaan AdSense. Google sendiri tidak ingin iklannya tampil pada blog yang punya tampilan yang buruk. Tampilan yang buruk bisa termasuk navigasi yang buruk, template terlalu berat saat loading, banyak error/dead link, dll. Jadi pastikan untuk gunakan template responsif dan simple agar blog kalian mudah dan nyaman untuk dibuka pengunjung blog.

6. Penggunaan Tag Bahasa

Apa itu Tag Bahasa ? tag bahasa adalah tag yang mengatur meta blog kalian, keseluruhan konten sedang menggunakan bahasa apa, dan ditargetkan untuk daerah mana. Ini terbilang cukup penting, karena dengan menggunakan tag bahasa yang benar, kalian akan dengan mudah mendapatkan pengunjung sesuai dengan bahasa yang ada di blog kalian. Dan yang pastinya akan lebih mudah untuk diterima oleh ADSense.

Sekian dulu pembahasan tentang Cara Mengatasi Blog Yang Ditolak Adsense.
Disqus Comments

NEWSLETTER SIGNUP