Cara Agar Blog Cepat Terindex dan Banyak Pengunjung Dari Search Engine


Semua bloggers pasti ingin blognya ada atau terindex di search engine, khususnya Google dan mendapatkan banyak pengunjung setiap harinya. Namun banyak bloggers pemula yang sering mengeluhkan blog mereka sepi pengunjung. Nah maka dari itu kali ini akan saya berikan solusi untuk blog yang sepi pengunjung.

Ingat, traffic paling berkualitas adalah traffic yang didapat dari search engine. Traffic jenis ini biasa disebut dengan visitor organik.

Blog Dapat Banyak Pengunjung 

Sebenarnya apasih yang bisa membuat sebuhya blog kebanjiran banyak pengunjung dari search engine seperti Google, Bing, Yahoo, dll ? Kuncinya cuma satu, berada di halaman pertama pencarian Google.

Tanpa perlu diragukan, blog yang sering nongkrong di halaman pertaman hasil pencarian akan mendapatkan banyak pengunjung perharinya, bahkan jauh lebih banyak dibandingkan dengan blog yang ada di halaman dua dan seterusnya.

Lalu apa saja keuntungan punya banyak pengunjung ? Salah satu keuntungannya kalian akan bisa dapat penghasilan besar atau income dari Google Adsense

Itulah pentingnya page one. Bahkan ada perkataan yang mengatakan "Kalau bunuh orang, sembunyikan mayatnya di halaman dua pencarian Google". Kenapa bisa ? karena kebanyakan orang yang melakukan pencarian dan tidak menemukan hasilnya di halaman pertama Google, ia akan mulai pencarian baru. Memang menyedihkan, bukannya lanjut ke halaman dua atau seterusnya, kebanyakan orang akan mengganti keyword pencarian.

Apa faktor peringkat Google ?
Faktor yang dapat mempengaruhi peringkat sebuah blog dalam mesin pencari ada banyak, dan yang paling penting adalah kualitas konten, template responsif dan backlink dari blog yang relevan.

Selain itu, ada satu poin yang tidak kalah penting, yaitu submit sitemap dan URL ke berbagai search engine, atau istilahnya yang lebih spesifik adalah Webmaster.

Apa Itu Webmaster Tools ?
Webmaster Tools adalah sebuah tools online yang digunakan untuk manage, monitoring, dan pengelolaan lainnya yang berkaitan dengan sebuah blog atau website. Selain itu, webmaster dapat digunakan sebagai alat yang menyatakan kepemilikan suatu blog.

Dengan webmaster tools, kalian bisa melakukan apapun terhadap blog kalia, seperti melihat statistik, mengatur crawling Google Bot terhadap blog kalian, serta bagaimana blog kalian muncul di search engine.

Cara Page One Google Dengan Submit Artikel Ke Search Engine

Alasan saya mengatakan bahwa untuk bisa page one kalian harus submit artikel kalian ke berbagai search engine adalah karena masalah waktu dan persaingan. Dengan submit artikel ke search engine atau webmaster, artikel kalian akan lebih cepat terindex dan lebih unggul dalam persaingan.

Misalnya kalian selalu membuat artikel yang menarik, maka pastinya akan ada minimal satu orang yang menyukai blog kalian. Setiap kalian publish artikel baru, mereka akan tau dengan mengikuti blog kalian, pada saat ia cek link artikel kalian di Google dan dia belum menemukannya, atau dalam artian artikel kalian belum di index oleh Google, maka dia bisa saja mencuri artikel kalian.

Pencurian yang dilakukan bisa dilakukan dengan merubah sedikit kosa kata dalam artikel tersebut dan publish. Akan sangat disayangkan jilka artikel berkualitas kalian dicuri dan ia melakukan submit ke webmaster.

Yang akan terjadi adalah artikel pencuri tersebut akan diindex terlebih dahulu dan dianggap sebagai artikel kanonis, di sisi lain artikel kalian akan dianggap sebagai artikel plagiat.

Apa Webmaster Untuk Submit Artikel ?

Sebenarnya ada banyak sekali webmaster tools yang bisa digunakan untuk submit artikel. Pada artikel ini, akan saya berikan referensi Search Engine yang bisa kalian pakai untuk submit artikel. Berikut contohnya :
  1. Google Search Console : Webmaster milik Google, yang digunakan diseluruh dunia kecuali Cina, dan bisa dibilang yang paling populer diantara search engine lainnya. Untuk melihat caranya, silahkan lihat tutorial ini karena disitu sudah saya bahas dengan lengkap.
  2. Bing Webmaster Tools : Bing disini adalah search engine yang dimiliki oleh Microsoft. Bing memang tidak sepopuler Google, namun masih banyak digunakan oleh orang dari berbagai penjuru dunia. Webmaster dari Bing saat ini tergabung dengan Yahoo sekaligus. Jadi sekali submit artikel di Bing, bisa dapat traffic dari sua search engine sekaligus(Bing dan Yahoo).
  3. Yandex Webmaster Tools : Ini adalah Search Engine yang sering atau kebanyakan digunakan di rusia. Memang Google ada, namun Yandex lebih banyak digunakan oleh orang rusia. Jadi setidaknya kalian harus punya artikel berbahasa Inggris agar bisa dapat pengunjung setia dari Yandex. Baca artikel ini untuk melihat tutorial submit di Yandex.
Disqus Comments

NEWSLETTER SIGNUP