Perbedaan Menulis di Blog Kita Sendiri vs Menulis di Medium.com



Apa kelebihan dan kekurangan menulis di Medium.com ?

Mungkin kebanyakan blogger (khususnya pemula) masih ada yang belum tau tentang Medium.

Medium adalah sebuah platform blogging atau platform yang digunakan untuk membagikan pendapat kita tanpa perlu mengatur tampilan sama sekali. Jika pada kebanyakan CMS kita harus melakukan penataan dan custom terhadap theme(di WordPress) atau template(di BLogger), maka di Medium kita tidak perlu melakukannya.

Kita hanya perlu fokus dalam tampilan, susunan, serta kualitas artikel yang ingin kita bagikan.

Kebanyakan bloggers menggunakan medium untuk dijadikan tempat menanam backlink, yang dapat mengarahkan traffic ke blog mereka.

Nah pada artikel ini akan saya berikan perbandingan blogging dengan blog sendiri dan mengguakan Medium, mana yang lebih baik ?

Kekurangan Menggunakan Medium

Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin harus kalian relakan jika memilih medium untuk platform blogging kalian :

1. Personal Branding Tidak Maksimal 

Meskipun platform ini sudah cukup dikenal, punya rating yang baik, dan alexa rank yang baik(84 World Rank).

Namun sebaiknya kalian memiliki website atau blog kalian sendiri. Kenapa ? Karena jika kalian terkenal dan punya banyak pembaca di Medium, namun kebanyakan orang akan kesulitan untuk menemukan kalian.

Akan lebih mudah bagi seseorang untuk menemukan tulisan kalian jika kalian punya blog sendiri, jadi ia bisa langsung datang ke blog kalian lalu membaca artikel. Dibandingkan jika mereka harus masuk ke medium,mencari nama kalian(entah ingat atau tidak) dan baru bisa membaca.

2. Pembaca Tergantung Seberapa Terkenal Artikel

Agar postingan kalian bisa dibaca oleh banyak orang, artikel kalian harus masuk dalam daftar Top Stories.

Caranya agar postingan kalian bisa masuk daftar top stories adalah pembaca kalian harus mengklik tombol Rekomendasikan. Bahkan jika seorang penulis besar atau terkenal punya artikel yang bagus, jika tidak banyak direkomendasikan orang, maka artikel tersebut akan minim pembaca. Berbeda jika kalian punya blog sendiri, maka pasti akan ada orang yang langsung mencari blog kalian untuk dibaca.

3. Pencarian Konten Masih Belum Maksimal

Ini terjadi karena kebanyakan orang yang melakukan pencarian di Medium tidak akan bisa langsung menemukan apa yang mereka cari. Pada saat melakukan pencarian, mereka bisa saja hanya menemukan hasil lainnya yang tidak terlalu relevan karena terlalu banyaknya konten dengan tag yang sama dan direkomendasikan oleh pencarian,

4. Statistik Kurang Lengkap

Jika blog kalian digunakan untuk mencari uang yang bergantung pada traffic seperti iklan, tentunya kalian ingin melihat analisis yang jelas. Berapa tampilan yang dihasilkan, berapa uang yang dihasilkan. Namun halaman statistik medium tidak akan bisa memberikan semua statistik yang kalian inginkan. Statistik yang diberikan oleh Medium hanyalah sebatas Insight tentang artikel yang kalian bagikan, tidak mencakup berapa kunjungan perharinya.

5. Search Engine Optimization

Ini sudah pasti, pada platform tidak kalian miliki sepenuhnya, dengan kontrol yang terbatas, kalian juga akan kehilangan beberapa pengaturan dan manfaat SEO. Tidak seperti Blogger dan WordPress yang bisa menentukan bagaimana blog kalian di optimasi untuk mesin pencari, di Medium kontrol kalian sangat terbatas.

Memang setiap platform akan ada kurang dan lebihnya, selalu berbeda beda. Selain adanya kekurangan pada Medium, ada beberapa kelebihan yang membuat saya juga menulis di sana.

Keuntungan Memilih Medium

Berikut adalah beberapa alasan mengapa saya juga menulis di Medium, tidak hanya pada blog saya sendiri.

1. Tidak Perlu Ragu

Kebanyakan penulis blogger akan bingung dan bimbang untuk memutuskan apakah artikelnya sudah cukup baik atau belum, jadi mereka membuat terlalu banyak rencana yang tujuannya adalah untuk menyempurnakan tulisan mereka.

Bahkan sebelum memposting satu artikel, kebanyakan blogger akan ragu dengan kualitas tulisan mereka, ragu apakah akan ada orang yang membaca tulisan tersebut atau tidak.

Namun Medium adalah platform yang cocok untuk menguji kemampuan dan kualitas tulisan dengan cepat dan tanpa perlu membuang-buang waktu untuk menyempurnakan tulisan dan tampilan website atau blog kalian.

2. Pengguna Medium Selalu Ingin Membaca

Yang saya maksud adalah benar benar membaca, bukan mencari jawaban. Karena jika seorang pengunjung blog ingin mencari sesuatu di satu blog, ia akan langsung menekan Crtl + F dan mencari jawaban, jika tidak ditemukan, ia akan pergi ke blog lain.

Bedanya adalah, pengguna Medium akan benar benar membaca sebuah tulisan, tanpa mencari jawaban, solusi,dsb. Jadi mereka akan benar benar menikmati, merekomendasikan, dan menyukai artikel kalian.

3. Target Pembaca yang Jelas

Hampir semua orang mencari jawaban pada Google, mencari gambar di Instagram dan Pixabay, video di YouTube, dan mencari slide di Slideshare. Namun di Medium mereka akan benar benar mencari bacaan dan informasi baru yang tidak terbayangkan sebelumnya.

4. Pengguna Medium Punya Selera

Dengan selera dan harapan yang besar dari pembaca, itu akan cenderung membuat kalian memeriksa ulang tulisan kalian dan memastikannya punya kualitas yang bagus. Namun kalian tidak harus benar benar melakukannya, karena dengan mengetahui artikel kalian punya sedikit pembaca dan rekomendasi, maka kalian akan langsung tau bahwa tulisan kalian masih belum cukup baik dan perlu peningkatan pada ide penulisan selanjutnya.

5. Kualitas Adalah Segalanya

Ketika kalian benar benar menulis untuk dibaca banyak orang, bukan untuk mesin, pada akhirnya tulisan tersebut akan mendominasi hasil mesin pencari dan juga menjadi Top Stories di Medium itu sendiri.

Bisa dibilang bahwa ini juga merupakan cara atau metode lain untuk menerapkan SEO. Atau mungkin juga cara terbaik menerapkan SEO adalah tanpa tau apa itu SEO, memang aneh hahaha. Tapi tidak menutup kemungkin itu bisa terjadi.

6. Apapun yang Kalian Tulis Akan Terlihat Menarik

Fitur tulisan dalam Medium punya prinsip Apa Yang Kalian Lihat adalah Apa Yang Kalian Dapatkan atau biasa disebut WYSIWYG(What You See Is What You Get).

Dengan begitu, apapun yang kalian tulis dan desain, akan benar-benar nampak seperti itu, tanpa perlu melakukan Preview seperti Blogger dan tanpa perlu repot memahami HTML yang kadang merepotkan.

7. Mencari Penggemar

Akan ada saja orang yang menghabiskan waktu berjam-jam di Medium dan terus mencari artikel untuk dibaca. Alasannya simple, karena orang tersebut memang suka membaca dan menikmati artikel.

8. Server Medium Handal dan Gratis

Server Medium bekerja untuk kalian secara gratis, namun tetap punya performa yang bagus, bisa dibilang sama atau lebih baik dari server Blogger dan WordPress.

Dengan Medium, kalian bisa mengunggah gambar dengan kualitas HD sekalipun dan dapat di load dalam hitungan detik. Ini merupakan keunggulan terpenting dari Medium.

Kebanyakan orang yang memakai Blogger dan WordPress akan kesulitan untuk memasukkan gambar dengan resolusi yang bagus. Kenapa ? karena makin besar resolusi, maka semakin besar pula ukuran gambar yang membebani proses loading blog.

Solusinya adalah dengan menurunkan kualitas dan ukuran gambar, namun tentunya tidak akan puas jika kualitas gambarnya tidak maksimal.

Kesimpulan

Sebenarnya jika kalian memang benar benar hobi dan suka menulis atau menangkan ide kalian, kalian tidak perlu memperdulikan tempat untuk menulis.

Kalian bebas untuk memilih, tanpa paksaan sama sekali. Bisa di Medium, WordPress, Blogger, ataupun CMS lainnya.

Disqus Comments

NEWSLETTER SIGNUP