Backlink : Pengertian, Manfaat dan Cara Mendapat Backlink Berkualitas



Apa Itu Backlink?

Backlink atau Inbound Link, atau yang dalam bahasa Indonesia disebut tautan balik, pranala balik, dan lain sebagainya, adalah link yang mengarahkan atau meneruskan pengunjung blog ke sebuah website atau blog lain(misal dari srangrang.blogspot.com ke findnlearnthings.blogspot.com).

Sederhananya, Backlink adalah link apapun yang mengarah ke sebuah web (bisa halaman web, sub domain, TLD, blog, dll) dari domain yang berbeda.

Begini misalnya :
Kalian memiliki sebuah artikel bagus buatan kalian sendiri, lalu kalian post artikel itu di blog kalian.
Kemudian ada seorang blogger yang secara sengaja melakukan copy atau mengutip sebuah perkataan dari artikel yang tadi kalian post untuk kemudian ia masukkan dalam artikel miliknya.

Namun karena alasan masih menghargai kalian sebagai pembuatnya atau dengan alasan untuk menghindari plagiarisme, blogger yang melakukan copy paste tadi mencantumkan link yang menegaskan sumber artikel yang mengarah ke blog kalian.

Contoh backlink:


Lalu apa pentingnya sebuah backlink bagi peningkatan traffic suatu blog ?
Salah satu pentingnya backlink bagi suatu blog adalah bisa meningkatkan traffic dari suatu blog. Traffic blog sendiri akan meningkat jika ada pengunjung baru yang datang dan melihat lihat artikel di suatu blog

Dikutip dari Findnlearnthings

Contoh diatas merupakan salah satu bentuk backlink, sebenarnya masih ada banyak lagi contoh backlink yang berbeda.

Dengan ikut menyertakan sumber artikelnya, maka secara tidak langsung kalian sudah mendapatkan satu backlink yang mengarah ke blog kalian dari blogger yang tadi mengutip perkataan di blog kalian.

Sesudah kalian memahami apa arti backlink dari penjelasan dan contoh di atas, selanjutnya akan saya lanjutkan dengan macam macam backlink.

Backlink sendiri dibagi menjadi dua bagian, yaitu :
  • Backlink Dofollow
Backlink Dofollow adalah jenis backlink yang pemasangannya berupa url tersemat yang dapat di klik dan mengarah langsung ke blog yang direkomendasikan.

Misalnya seperti contoh yang diatas tadi, itu adalah contoh dari Backlink Dofollow.

Jika kalian coba klik tulisan Findnlearnthings tersebut yang punya warna berbeda dari text lain, apa yang akan terjadi ? Pasti nya kalian akan langsung mengarah masuk ke homepage blog dengan url : findnlearnthings.blogspot.com.

Itulah penjelasan tentang backlink Dofollow. Intinya, Backlink Dofollow adalah jenis link yang dapat di klik langsung.

  • Backlink Nofollow
Sesuai dengan namanya yang berlawanan dengan Backlik Dofollow, ini adalah lawan dari backlink Dofollow. Jika Backlink Dofollow dapat diklik dan langsung mengarah ke url tujuan, Backlink Nofollow adalah link yang tidak dapat diklik, dan jika dilihat pun akan sama seperti tulisan biasa.

Contoh Backlink Nofollow :

Blog : findnlearnthings.blogspot.com (bukanlah link aktif dan tidak dapat diklik langsung).

Itulah yang disebut dengan backlink Nofollow.

Lalu apa perbedaan yang paling dasar dari backlink Dofollow dan Nofollow?
Backlink Dofollow berbentuk link aktif dan dapat diklik, sedangkan backlink nofollow hanyalah link tidak aktif, nampak seperti tulisan biasa dan tidak dapat diklik secara langsung.

findnlearnthings.blogspot.com (Backlink Dofollow)
findnlearnthings.blogspot.com (Backlink Nofollow)

Saya lanjutkan ke pembahasan yang kedua, yaitu tentang manfaat backlink untuk kualitas blog, bagaimana dan seberapa besar pengaruhnya.

Manfaat Backlink Untuk Kualitas Blog

Jika kalian mendengar kata backlink, pasti kata SEO sempat terlintas di benak kalian. Memang benar, salah satu manfaat backlink adalah untuk SEO. Tidak tanggung-tanggung, sebuah backlink punya peranan dan pengaruh yang besar untuk kualitas blog kalian. Walaupun hanya satu backlink sekalipun.

Tapi perlu kalian ketahui, bahwa backlink yang dapat berpengaruh positif terhadap blog hanyalah backlink baik yang berkualitas, yang didapatlan dengan cara manual. Bukan backlink hasil spam di kolom komentar atau dengan menggunakan backlink generator. Buruknya, Backlink yang didapatkan dengan indikasi spam justru dapat memberikan pengaruh buruk terhadap kualitas blog kalian.

Saya sama sekali tidak membual tentang perkataan saya diatas.

Google sendiri telah mengumumkan bahwa salah satu faktor penilaian terhadap tingkat populer dan kualitas sebuah blog maupun website adalah faktor backlink. Google dapat menilai semua jenis backlink yang mengarah ke blog kalian, jadi jangan coba coba untuk mendapatkan backlink yang buruk(hasil spam di komentar dan dari backlink generator tool).

Semakin banyak kalian melakukan spam url blog kalian di kolom komentar, maka akan semakin tinggi spam score yang dimiliki oleh blog kalian, dan itu sama sekali tidak bagus. Lihat digambar di bawah ini :
Pada gambar di atas bisa kalian lihat, bahwa total backlink pada blog ini adalah 32 backlink, dan 29 backlink diantaranya dinilai sebagai backlink yang berkualitas. Nilai Spam Score (SS) pun hanya 1%. Pada umumnya, nilai spam score yang baik pada sebuah blog adalah sekitar 0 - 1%.

Untuk melihat statistik diatas, kalian bisa masuk ke URL ini : https://websiteseochecker.com/bulk-check-page-authority/

Cara Mendapatkan Backlink yang Berkualitas

Seperti kita tahu, proses untuk mendapat backlink yang berkualitas untuk blog kita tidaklah mudah, namun masih ada banyak cara untuk mendapatkannya.

Bagaimana cara untuk mendaptakan backlink yang berkualitas? Setidaknya ada tiga cara untuk mendapatkan backlink berkualitas, berikut pembahasannya :

1. Konten Yang Menjual

Konten Yang Menjual yang saya maksudkan ialah konten atau produk yang kalian buat dan termasuk sebagai karya kalian sendiri.

Seperti apa contohnya ? Contohnya Video, E-book, Audio, Foto, maupun statistik penelitian dan hasil survey yang kalian lakukan sendiri. Sesudah membuat konten tersebut, kalian pastinya akan posting di blog, youtube, instagram dan medsos lainnya yang akan dilihat banyak orang, dan berpotensi akan digunakan oleh orang lain juga.

Sehingga pada saat ada seorang blogger atau orang lain dengan hobi berbeda yang menggunakan konten, produk dan data yang telah kalian buat sebelumnya, kalian dapat menghimbau mereka agar memberikan sumber konten atau setidaknya backlink yang mengarah ke blog kalian. Jadi kalian dapat berkarya sekaligus menghasilkan banyak backlink, tergantung seberapa bagus konten dan karya kalian.

Pada umumnya, seorang blogger yang menggunakan konten milik orang lain akan secara otomatis memberikan sumber tempat ia mendapatkan konten tersebut agar dapat dinilai sebagai artikel yang terpercaya. Walaupun tidak ada jaminan semua pengguna konten kalian akan memberikan url sumber sebagai backlink untuk kalian, namun pasti ada beberapa diantara mereka yang melakukannya karena masih menghargai karya orang lain.

2. Guest Posting

Selain membuat konten yang menjual, kalian juga bisa mendapat backlink dengan melakukan Guest Posting.

Apa itu Guest Posting ?

Sederhananya, Guest Posting adalah kegiatan dimana seorang blogger menghubungi pemilik blog lain dan menawarkan diri untuk menulis sebuah artikel yang nantinya akan diposting pada blog yang ia kunjungi tersebut.

Saat ini ada banyak sekali webmaster(pemilik blog) yang mengijinkan penulis tamu di blog mereka untuk menyertakan Backlink Dofollow atau link aktifdalam artikel yang dibuat penulis tamu tadi. Maka setelah artikel tersebut diposting, secara otomatis link aktif yang sudah sisipkan tadi akan menjadi backlink yang berkualitas untuk blog kalian.

Itulah metode Guest Posting untuk mendapatkan backlink yang berkualitas bagi blog.

3. Menulis Dan Mendapat Backlink

Cara ini hampir sama dengan Guest Posting, namun yang membedakan adalah artikel yang kalian tulis akan diseleksi dan dibandingkan dengan banyak artikel dari orang lain sebelum di posting.

Ada banyak website yang menyediakan imbalan backlink untuk setiap artikel yang diajukan oleh orang lain terpilih untuk diposting di situs tersebut.

Sebenarnya imbalannya tidak hanya backlink, namun bisa saja berupa uang, namun tidak jarang ada yang memberikan keduanya untuk para penulis setia mereka.

Pastinya tidaklah mudah untuk memenangkan persaingan dan membuat artikel kalian diposting disana karena kalian harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan orang perharinya. Jika artikel kalian dinilai berkualitas, maka bagian peninjauan akan memposting artikel kalian dan kalian akan mendapatkan imbalannya.

Salah satunya situs untuk melakukannya adalah di Hipwee.com, yang terbilang sukses hanya dalam kurun waktu beberapa bulan setelah situs itu dibuat.

Tambahan : 

Untuk kalian yang tidak ingin merepotkan diri untuk melakukannya, kalian bisa saja membeli backlink secara langsung dengan cara menghubungi pemilik blog. Selain itu kalian juga bisa membeli backink dari situs yang melayani jasa SEO, mereka sering menawarkan penjualan backlink dalam paket. Dalam satu kali pembelian, kalian bisa mendapatkan banyak backlink sekaligus, namun tentunya tidak dengan harga yang murah.
Disqus Comments

NEWSLETTER SIGNUP