Muncul Tanda --> Pada Header Template AMP Bloger

 

Mengatasi Error AMP Text Tidak Diizinkan.

Jadi pada kesempatan kali ini akan saya bagikan tutorial singkat tentang Template AMP (Accelerated Mobile Page) Blogger. Khususnya adalah untuk mengatasi munculnya tanda atau simbol (-->) pada template AMP yang dipasang di Platform Blogger.

Buat yang belum terlalu paham tentang apa itu AMP.

Singkatnya AMP adalah halaman website yang disetting terakselerasi untuk versi mobile. Jadi jika halaman tersebut dibuka melalui mobile device (smartphone) akan menjadi lebih ringan dan cepat dimuat. Selain itu, juga dikatakan bisa meningkatkan posisi blog kita di SERP walaupun tidak terlalu besar.


Kembali ke pembahasan semula. Jadi permasalahannya disini adalah saat kita memasang template baru pada blog kita, akan muncul tanda (-->) dibagian kiri atas atau tepatnya dibagian atas header.

Sebelumnya template ini sudah saya pasang pada blog percobaan saya, dan semuanya berjalan normal. Tidak ada error dan blog saya sudah valid AMP. Namun pada saat akan saya pasangkan pada blog pribadi saya, justru muncul tanda tersebut.


Penyebab Muncul Error AMP

Jadi ada 2 error yang muncul karena satu penyebab ini, yaitu ada text yang tidak diizinkan muncul pada halaman AMP, dan juga tag BODY muncul lebih dari sekali dalam satu halaman. 

Penyebabnya adalah karena ada text yang muncul dibagian atas badan halaman (<body>) yang pada saat akan dimuat akan mengabaikan bagian <head> dan mengakibatkan kalian punya dua tag <body> yaitu explicit dan implicit <body>.


Cara Mengatasi Error Tersebut

The tag 'BODY' appears more than once in the document dan juga Tag or text which is only allowed inside the body section found outside of the body section bisa diatasi dengan cukup mudah.

  1. Masuk ke pengaturan Tema > Edit HTML.
  2. Cari kode &lt;/head&gt;&lt;!--<head/>--&gt; dan ganti dengan &lt;/head&gt; saja.
  3. Cari kode <body> dan ganti dengan kode  &lt;body&gt; menjadi seperti ini : 

  4. Beralih ke bagian paling bawah lalu cari kode &lt;!--</body>--&gt; &lt;/body&gt; </HTML> dan ganti dengan &lt;!--<head/>&lt;!--<body/>--&gt; &lt;/body&gt; </html> menjadi seperti ini :


Catatan :

1. Metode ini sudah saya buktikan sendiri dan berhasil menghilangkan permasalahan pada halaman AMP dan menjadi VALID.
2. Perubahan ini masih belum diketahui efeknya terhadap SEO dari blog kalian. Jadi jika nanti resiko anda tanggung sendiri, tapi setidaknya cara ini berhasil.


Disqus Comments

NEWSLETTER SIGNUP