Peralatan dan Persiapan Untuk Menjadi Youtuber Pemula



Pengen Jadi Youtuber ? atau Vlogger ?

Tidak ada yang tidak tau tentang youtuber dan vlogger, karena sekarang banyak sekali youtuber/blogger yang terkenal dan sukses. Para youtuber ini bisa juga disebut sebagai Content Creator, adalah mereka yang memberikan waktu dan usaha untuk membuat konten/video dan mengunggahnya di Youtube

Jumlah dan kerya yang beragam membuat setiap channel youtube menjadi sangat unik, ada yang perorangan dan melakukan collab, ada juga yang memang memulai youtube dalam kelompok sekaligus.

Alasan mereka bisa terkenal pun beragam, ada yang karena karya yang bermutu, menarik, serta punya nilai lebih, misalnya Froyonion, Chandra Liow(Tim2one), dan MAY I SEE, dan masih banyak lagi. Ada yang karena konten murah seperti prank dan pamer kekayaan yang disukai masyarakat +62 (tidak perlu diberi contoh, agar tidak terkena pencemaran nama baik hahaha), ada juga yang karena bakat bermain game online.

Kenapa bisa banyak orang yang memilih menjadi youtuber ? Karena dengan menjadi youtuber siapapun dapat menghasilkan banyak uang dari views video mereka.

Persiapan Untuk Menjadi Seorang Youtuber / Vlogger

Ibarat kata akan memulai perjalanan jauh, maka kalian akan membutuhkan bekal. Menjadi youtuber atau vlogger pun sama, ada banyak hal yang perlu kalian siapkan, misalnya mental, bakat, keahlian, peralatan, modal, dll.

Nah pada artikel kali ini akan kita bahas kira kira peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi youtuber. Untuk kalian yang ingin menjadi youtuber sebaiknya persiapkan hal hal dibawah ini.

Peralatan Lengkap Untuk Menjadi Youtuber Pemula :

Setidaknya untuk memulai sebuah channel youtuber dan membuat banyak konten kalian akan membutuhkan peralatan dibawah ini :

1. Kamera
Kamrea adalah elemen penting untuk kalian yang ingin membuat youtube dengan menampilkan objek atau video yang kalian rekam seperti seperti vlogger, maka kalian sangat membutuhkan kamera.

Namun jika kalian ingin memulai youtube dengan channel yang berisi tutorial, kalian bisa saja melakukannya tanpa kamera sekalipun.

Untuk kamera bisa kalian gunakan apapun, bisa kamera mirrorless, SLR, DSLR, ataupun kamera bawaan smartphone kalian. Tidak perlu ragu, karena saat ini kualitas kamera yang ada pada smartphone sudah sangat mumpuni. Ini juga cocok untuk kalian yang ingin menjadi youtuber atau vlogger dengan modal yang sedikit.

2. Microphone
Untuk micropone sudah ada pada smartphone, namun jika kalian ingin hasil yang lebih memuaskan, kalian bisa menggunakan kamera dan menambahkan aksesoris microphone tambahan.

Namun untuk kalian yang tidak ada uang untuk membeli microphone, cukup gunakan smartphone kalian untuk merekam suara, bisa video sekaligus.

3. Tripod / Gorillapod
Barang yang satu ini sangat penting untuk seorang youtuber dan vlogger. Dengan alat ini kalian bisa mendapatkan hasil rekaman video yang baik.

Kegunaannya yang pasti adalah sebagai holder atau pijakan untuk meletakkan kamera kalian. Namun ada yang sedikit berbeda pada Gorillapod, karena kaki kaki Gorillapod yang bisa dibengkokkan dan disesuaikan dengan kebutuhan, sedangkan kaki kaki pada tripod cenderung hanya berbentuk lurus saja.

4. Lighting / Lampu Tambahan
Lighting atau lampu tambahan adalah alat yang digunakan untuk mendapatkan hasil rekaman yang baik dengan apperture yang baik, khususnya pada pembuatan video dengan minim cahaya seperti malamhari. Berbeda dengan hasil foto yang tidak menggunakan lighting yang terkesan punya tangkapan cahaya yang tidak stabil, dapat berubah menjadi lebih terang, atau lebih gelap.

Pilihan warnanya ada banyak, namun yang paling sering digunakan adalah putih, merah neon, dan biru neon untuk mendapatkan efek warna yang lebih epic dan bokeh haha.

5. Laptop atau PC
Tentunya seorang youtuber harus memiliki laptop atau PC yang dipakai untuk editing dan menyimpan video. Namun pada beberapa kasus, ada juga youtuber yang memulai langkah awal youtubenya tanpa memiliki laptop atau PC, yaitu hanya menggunakan smartphone dengan tambahan memory card untuk penyimpanan.

Tidak masalah mau dengan apapun, asalkan device tersebut punya performa dan penyimpanan  yang mumpuni. Perlu kalian tau, untuk menedit dan menyimpan sebuah video membutuhkan performa dan penyimpanan yang tidak tanggung tanggung.

Bahkan saat ini para perusahaan Processor dan Graphic Card untuk PC dan laptop banyak mengunggulkan produk mereka yang dikatakan cocok untuk processing dan editing video dengan performa yang baik.

6. Software Untuk Editing 
Tentu saja seperti namanya, software digunakan untuk mengedit dan composing video. Entah youtuber amatir ataupun yang sudah profesional pasti sama sama menggunakan software untuk mengedit video mereka.

Ada banyak software untuk mengedit video, baik gratis maupun berbayar. Berikut ini contoh software yang paling sering digunakan untuk editing video :
  • Adobe Premiere Pro
  • Sony Vegas Pro 13
  • Cyberlink PowerDirector 17
  • Corel Video Studio X7
  • AVS Video Editor
  • Windows Movie Maker
  • Avidemux Video Editor
  • Camtasia Studio 8

7. Dukungan Konten
Yang saya maksud dengan dukungan konten adalah backsound, video effect, dll. Yang berguna untuk mempercantik dan menambahkan nilai plus ke dalam video yang akan kalian upload di Youtube. BackSound digunakan untuk mencocokkan suasana dalam video dan di penonton itu sendiri. Sedangkan Video Effect digunakan untuk menambahkan kesan yang mendukung, lucu atau menarik agar penonton dapat menikmati video kalian.


Tips Untuk Menjadi Youtuber Pemula
  • Jangan mudah menyerah untuk berkarya, bahkan jika viewers masih sedikit.
  • Gunakan apa yang ada untuk membuat konten, jangan menunggu barang yang mewah atau canggih terlebih dahulu.
  • Kuatkan mental, jangan mudah stress dengan hinaan, karena menjadi youtuber berarti siap dilihat dan ditanggapi banyak orang.
  • Konsisten dalam pembuatan konten
  • Put your best on your video
  • Jangan utamakan click bait, walau menarik tapi jika penonton tidak puas, video kalian berpotensi mendapatkan dislike, bahkan di report.
  • Gunakan keahlian kalian sebagai konten.
Disqus Comments

NEWSLETTER SIGNUP