Penyebab Smartphone RAM Besar Lag Saat Gaming dan Record


Tahun 2020 dan kalian masih mengalami lag pada saat memainkan sebuah game ? Tentu saja mungkin, dan bahkan biasa terjadi pada smartphone dengan RAM yang besar sekalipun.

Smartphone RAM Besar Lag Saat Gaming dan Record

Merasakan Lag atau Stuttering pada smartphone memang bisa dibilang menyebalkan, terutama jika hp yang kita miliki sudah memiliki RAM(Random Access Memory) yang besar namun masih merasakan lag. Bukankah aneh jika kita punya smartphone dengan kapasitas RAM yang besar tapi anehnya kita masih mengalami yang namanya drop FPS pada saat bermain game atau menjalankan aplikasi tertentu.

Untuk kebanyakan aplikasi, memang diperlukan kapasitas RAM yang cukup mumpuni agar bisa menjalankan program dengan optimal. Namun kenapa masih bisa stuttering atau lag ?

Penyebab smartphone RAM besar masih lag

Dikutip dari artikel ini, ada pernyataan yang menegaskan bahwa kapasitas RAM yang tidak mencukupi dapat membuat sebuah smartphone mengalami lag pada saat menjalankan aplikasi, terutama pada saat multi tasking.

Konsep multi-tasking sendiri adalah sebuah device dipaksa untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus tanpa benar benar dihentikan prosesnya dalam kurun waktu tertentu. Pada saat kita berpindah dari aplikasi A ke B, maka aplikasi A tidak dihentikan dari Background Process, melainkan hanya dipending dan diminimalkan penggunaan resourcenya.

Jadi pada saat kita akan kembali membuka aplikasi A, maka data yang sebelumnya ada tidak perlu dibuat ulang seperti saat pertama kali membuka sebuah aplikasi, ini yang dinamakan proses caching yang mana  membutuhkan kapasitas RAM yang mumpuni atau cukup besar.

Kenapa saat ini RAM besar diperlukan ?

Sekarang jika kita membeli sebuah smartphone baru, pasti mayoritas dari kita akan memilih smartphone dengan kapasitas RAM yang cukup besar. Mungkin kebanyakan orang yang memilih RAM besar tidak tahu bagaimana cara kerja RAM yang benar dan cenderung mengikuti review dan rekomendasi dari youtube, terutama untuk keperluan gaming. 

Yang mereka ketahui hanyalah RAM besar sempurna untuk gaming. Lalu apakah hal itu benar ? Mari kita bahas pada paragraf dibawah ini.

Apakah hp dengan ram besar auto lancar untuk bermain game ?

Besarnya kapasitas sebuah RAM pada smartphone atau device lain seperti komputer memang menjadi salah satu faktor penentu kelancaran dalam menjalankan sebuah program atau software. RAM dengan kapasitas yang besar bisa memungkinkan penggunanya untuk mengakses sesuatu dengan lebih cepat dan lancar.

Namun hal yang perlu diketahui selain kapasitasnya adalah, tidak semua RAM memiliki speed atau transfer rate yang sama. Jadi memory 3GB dengan transfer rate yang lebih tinggi bisa sedikit mengimbangi atau bahkan mengalahkan memory berkapasitas 4GB.

Jadi semuanya tidak melulu soal besarnya kapasitas, melainkan juga perlu mempertimbangkan kecepatan transfer data yang cepat.

Kapasitas RAM tidak selalu menjamin kelancaran.

Jadi intinya adalah smartphone dengan RAM yang besar tidak selalu lebih lancar jika dibandingkan dengan kapasitas yang lebih kecil, karena ada juga beberapa faktor lainnya seperti GPU(Graphics Processing Unit yang mengurus segala sesuatu tentang grafis), CPU/processor, dan lain sebagainya. 

Lalu kenapa ram besar belum tentu lancar ?

Smartphone dengan RAM yang besar akan kesulitan untuk memberikan performa terbaiknya jika tidak disandingkan dengan GPU dan CPU yang mumpuni. 

Selain itu, ada juga pengaruh dari cache yang tersimpan terlalu banyak pada smartphone yang membuat loading aplikasi menjadi lebih lambat. Itu karena cache yang saat ini harusnya digunakan untuk menyimpan sebagian memory tentang aplikasi yang akan digunakan justru penuh dengan memory dari apliaksi lainnya. Maka dari itu sebaiknya bersihkan cache pada penyimpanan smartphone kalian dalam beberapa hari sekali.

Selanjutnya adalah suhu yang tinggi. Sebuah smartphone sebagus apapun jika digunakan pada suhu yang relatif tinggi tentunya akan memberikan performa yang kurang maksimal.

Ada juga faktor kompabilitas sebuah program dengan OS yang terdapat pada sebuah smartphone. Ini juga bisa menjadi faktor penentu yang cukup berpengaruh.

Kenapa ram kecil bisa sangat lancar ?

Mungkin banyak yang belum tahu asalan smartphone dari merk iPhone bisa menjalankan game yang terbilang berat seperti PUBG dengan lancar walaupun punya RAM yang kecil. Nah disini ada faktor lain lagi yang memungkinkan RAM kecil bisa sangat powerfull, yaitu kemampuan sebuah smartphone untuk memaksimalkan penggunaan RAM pada aplikasi yang aktif berjalan dan membutuhkan performa yang tinggi.

Dalam kasus yang satu ini, iPhone bisa dibilang cukup menguasai. Kenapa ? karena ekosistem iPhone termasuk ekosistem yang tertutup, karena tidak seperti android yang memperbolehkan berbagai jenis aplikasi masuk ke Play Store. Pihak iPhone sendiri memberlakukan sistem ketat untuk aplikasi yang ingin masuk ke App Store milik Apple. 

Buat kalian yang belum tau, hampir semua developer aplikasi harus membuat setidaknya satu versi khusus dari aplikasinya untuk dimaksimalkan dan benar benar kompatibel dengan device iPhone. Maka dari itu, kebanyakan orang akan mendapatkan pengalaman yang baik dari iPhone dalam segi kompabilitas dan performa maksimal dari aplikasi yang dijalankan.

Proses untuk memaksimalkan itulah yang membuat kebanyakan smartphone dari Apple terasa cukup boros, namun tentunya juga memberikan performa yang tidak main main.

Bagaimana memilih hp yang bagus dari segi RAM nya ?

Untuk penggunaan gaming sendiri, pemilihan variasi RAM bisa dipilih mulai kapasitas tengah, yaitu jangan terlalu kecil namun juga tidak perlu terlalu besar, misalnya RAM dengan kapasitas 4GB.

Selain kapasitas RAM, kalian juga perlu mempertimbangkan CPU atau chipsetnya, jika kalian menginginkan untuk performa gaming yang bagus dan tidak diragukan maka kalian bisa memilih Snapdragon dari Qualcomm. Atau untuk alternatifnya kalian bisa memilih chipset Helio dari MediaTek.

Jika kalian menginkan smartphone dengan penggunaan daya yang hemat dan tidak boros namun dapat memberikan performa yang lumayan bagus, kalian bisa memilih Exynos dari Samsung

Jadi sudah paham sekarang apa yang membuat smartphone kalian yang punya RAM besar masih sering merasakan lag ? Jika kalian ada pertanyaan bisa kalian tulis dikolom komentar, dan juga bisa kalian share pada teman kalian yang punya smartphone kentang hehe.

Disqus Comments

NEWSLETTER SIGNUP