Keuntungan dan Bahaya Menggunakan Aplikasi Pinjaman Online



Aplikasi Pinjaman Online

Kehadiran aplikasi yang melayani pinjaman uang online saat ini memang sudah bisa dibilang hampir menjamur. Banyak pihak yang menawarkan pinjaman online dengan berbagai keunggulan, seperti syarat mudah, cair ceepat, tanpa bunga dll. Namun, tentunya resiko turut mendampingi kemudahan dalam hal apapun, terlebih pada pinjaman online, itu yang perlu dipahami dan diwaspadai.

Munculnya Financial Technology (Fintech) memberikan pengaruh dan dampak yang sangat besar di sektor kredit uang. Proses kredit yang pada umumnya membutuhkan waktu sekitar satu minggu(7 hari) untuk dapat menerima uang pinjaman (uang cair), sekarang prosesnya dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan dapat disetujui dalam hitungan jam saja.

Namun, yang namanya inovasi baru akan selalu hadir dengan dampak positif dan juga negatif, tanpa terkecuali, apapun itu.

Sudah banyak adanya kasus yang mengatakan tentang keluhan di media, entah media sosial, atau media konvensional(TV, Koran, Majalah,dll) yang bersangkutan dengan aplikasi pinjaman online. Yang paling sering dikeluhkan adalah cara penagihan hutang yang dianggap tidak wajar dan keterlaluan.

Maka dari itu, dalam artikel ini akan saya bagikan beberapa hal yang perlu kalian ketahui sebelum melakukan pinjaman online.

Contoh Aplikasi Pinjaman Online

  • Pinjam Yuk
  • Julo
  • UangMe
  • Dana Rupiah
  • Tunai Kita
  • Pinjam Gampang
  • Uang Teman
  • Digibank KTA Instan
  • Kreditcepat

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Pinjaman Online

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang paling mencolok dari penggunaan aplikasi pinjaman uang online. Kuntungan ini sangat signifikan jika dibandingkan dengan pinjaman uang di bank ataupun instansi yang lainnya. Berikut kelebihan tersebut :

1. Proses Mudah

Salah satu kelebihan dari pinjaman online adalah prosesnya yang cenderung lebih cepat dan mudah tanpa mengharuskan kalian untuk datang ke lokasi bank terdekat.

Hanya dengan membuka aplikasinya dengan smartphone yang terkoneksi dengan jaringan internet, kalian sudah bisa mengajukan pinjaman online dan bisa langsung cair. Dengan begitu, kalian bisa lebih menghemat waktu.

Selain itu kalian bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja, tidak peduli jarak dan waktu, seperti hari libur, dll.

2. Dana Cepat Cair

Alasan yang paling mendasari penggunaan aplikasi pinjaman online adalah dana yang dipinjam dapat cair dengan cepat, bisa dalam hitungan hari, bahkan dapat diterima dalam hitungan jam saja.

Jika kalian sedang berada dalam keadaan terdesak atau membutuhkan dana cepat, maka kalian bisa mencoba aplikasi pinjaman online.

Prosesnya dapat dilakukan dengan cepat karena tidak dilakukan penafsiran aset sebagai jaminan dan semua data yang kalian berikan dapat langsung diproses karena dalam bentuk digital.

Berbeda dengan bank yang harus memberikan data fisik, lalu perlu diubah dulu menjadi data digital, dan akhirnya diproses.

3. Syarat Anti Ribet

Syarat dokumen yang dibutuhkan oleh kebanyakan layanan pinjaman online biasanya tidak ribet atau merepotkan, karena pada dasarnya menawarkan pinjaman uang yang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat oleh banyak orang.

Kebanyakan layanan pinjaman online hanya memberikan syarat yang mudah, yaitu KTP, NPWP, Rekening tabungan, Slip Gaji atau bisa surat lainnya yang memberikan keterangan tentang penghasilan.

4. Penggunaannya Bebas Tanpa Syarat

Biasanya layanan pinjaman uang seperti Kredit Pemilikan Rumah yang hanya boleh dipakai untuk membeli rumah, Kredit Kendaraan Bermotor yang dipakai hanya untuk membeli jenis kendaraan bermotor saja, atau Kredit Usaha Rakyat yang hanya bisa digunakan sebagai modal untuk memulai usaha.

Berbeda dengan jenis pinjaman dana lainnya yang mengkhususkan penggunaan dananya sesuai dengan kriteria peminjaman uang, pinjaman online bisa kalian gunakan untuk apa saja, untuk beli alat gaming, keperluan pendidikan, mulai usaha, beli smartphone baru, bebas terserah kalian.

Namun tidak dianjurkan untuk dipakai membayar cicilan kartu kredut, uang muka pembelian properti, dan lain-lain karena jika untuk hal konsumtif, dari mana kalian bisa mendapatkan kembali uang untuk membayar hutang tersebut ?.


Kekurangan dan Bahaya Menggunakan Aplikasi Pinjaman Online

Memang jika dipikirkan, entah darimana uang itu didapatkan, yang terpenting adalah kalian mendapatkan uang dari pinjaman untuk kebutuhan mendesak kalian. Namun dibalik semua itu, pastinya ada berbagai macam resiko dan sisi negatif dari sebuah teknologi, terutama yang menyangkut keuangan. Beberapa bahaya tersebut akan saya bahas disini :

1. Bunga Pinjaman Tinggi

Bunga yang tinggi dari pinjaman online bukanlah sebuah rahasia lagi. Bung yang tinggi dikarenakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sampai saat ini masih belum memberikan pernyataan mengenai batasan bunga pinjaman pada jasa pinjaman online.

Setiap perusahaan memberikan bunga yang besar karena berbagai alasan, salah satunya adalah adanya resiko dari peminjam (nasabah) yang tidak membayar. Kalau pinjamnya mau cepet, berarti harus mau tanggung bunga besar dong.

Sebenarnya walaupun diberikan bunga yang tinggi sekalipun, pilihan tetap ada pada nasabah itu sendiri, apakah ia akan tetap meminjam atau tidak.

Yang terpenting adalah, setiap akan terjadi transaksi peminjaman, nasabah harus tau berapa bunga dan uang pokok yang harus dikembalikan, jadi tidak akan kaget ataupun protes pada pertengahan proses pelunasan.

2. Jumlah Pinjaman Kecil

Satu kekurangan yang sejajar dengan waktu pengerjaan yang cepat adalah jumlah uang yang tidak terlalu besar. Kebanyakan pinjaman online hanya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 5 juta rupiah.

Tidak perlu diberikan penjelasan, karena dengan prosesnya yang cepat dan tanpa syarat yang berbelit, wajar jika dana dari pinjaman online tidaklah sebesar yang didapatkan dari bank.

Adanya resiko dari peminjam membuat pihak tersebut membatasi dana yang mereka pinjamkan.

3. Data Diri Tersebar

Dengan sifat pengajuan pinjaman yang mudah melalui aplikasi, tentunya membuat kita harus mengisikan segala data diri yang diperlukan untuk dapat segera diproses dan uang cepat cair.

Di sisi lain, ada resiko bahwa data diri kita dapat disebarkan atau digunakan untuk hal lainnya karena perusahaan tersebut telah mendapatkan data kita. Sebuah data diri merupakan hal yang seharusnya menjadi privasi, namun dengan metode ini ada kemungkinan bahwa data diri kalian akan dijual, itu sangat berpotensi untuk dijadikan uang.

Hati hati, karena tidak semua bisnis peminjaman uang dapat di percaya, mereka bisa saja menyebarkan data diri kita. Bahkan telah beredar desas desus yang mengatakan bahwa ada perusahan pinjaman uang lewat online yang akan menyalahgunakan data diri customernya jika tidak membayar biaya pokok plus bunga dengan tepat waktu.

Bahkan jika kalian tidak melakukan pinjaman pun, jika kalian telah memasukkan data diri, itu juga lebih berpotensi untuk disalah gunakan.

4. Tidak Semua Cepat

Apasih yang membuat banyak orang menggunakan aplikasi pinjaman online ? Tentunya karena alasan waktu dan kemudahan. Setiap orang yang melakukan pinjaman online pasti ingin pinjamannya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Namun ada beberapa perusahaan peminjaman online yang melayani dengan lambat, atau tidak sesuai keterangan yang diberikan pada waktu promosi.

Cara menghindarinya cukup mudah, jika kalian ingin menggunakan sebuah aplikasi pinjaman online, kalian bisa melihat review terlebih dahulu. Di Play Store, kalian bisa melihat bagaimana reaksi orang orang yang memberikan tanggapan pada perusahaan tersebut, apakah layanannya baik, buruk, cepat, atau lama.

5. Resiko Tunggakan

Tidak berbeda dengan peminjaman di bank, jika peminjam tidak membayar tepat waktu, maka pihak yang memberikan pinjaman akan memberikan tindakan penagihan. Sebaliknya, jika nasabah membayar tepat waktu, maka tidak akan ada tindakan penagihan.

Akibatnya, jika tidak membayar tepat waktu, akan ada tindakan yang berupa peringatan atau bisa saja bersifat menekan agar nasabah mau atau segera membayar hutangnya.

Selain itu, pihak yang memberikan pinjaman bisa melapor ke biro kredit lain, agar sang peminjam uang yang menunggak tidak dapat melakukan pinjaman sebelum hutangnya terbayar dengan lunas.

Jadi jika kalian ingin mengajukan pinjaman, maka kalian perlu mengkaji kembali apakah kalian punya pemasukan untuk membayar hutang tersebut, atau tidak.

6. Biaya Tambahan Penagihan

Satu lagi hal yang cukup penting dan krusial tentang pembayaran hutang yang tidak tepat waktu adalah adanya biaya tambahan. Wajarnya jika seseorang menunggak atau tidak mau membayar hutang, pihak yang memberikan pinjaman akan memberikan tindakan, bisa peringatan atau tekanan.

Nah tentunya untuk melakukan hal itu, mereka harus membayar orang untuk disuruh menagih hutang tersebut. Buruknya adalah, kebanyakan perusahaan peminjaman akan membebankan biaya untuk membayar orang orang tersebut kepada peminjam yang menunggak.

Usahakan untuk setidaknya memastikan, apa yang akan terjadi jika kalian telat membayar hutang tersebut, entah mengajukan tambahan waktu, atau baiknya tidak ada kemunduran pembayaran. Dengan sepakat bahwa tidak boleh melewati batas waktu, maka kalian akan lebih terjadwal dan tau kapan harus membayar hutang, dan tidak menunggak.


Nah itu tadi adalah Keuntungan dan Bahaya Menggunakan Aplikasi Pinjaman Online yang perlu kalian ketahui sebelum kalian menggunakan aplikasi pinjaman online. Tetap hati hati dalam bertransaksi.
Disqus Comments

NEWSLETTER SIGNUP