Manage Stakeholder Engagement
Manage Stakeholder Engagement merupakan sebuah proses dalam berkomunikasi dan bekerja sama dengan stakeholder(pemangku kepentingan) agar dapat menemukan dan memenuhi kebutuhan serta ekspektasi mereka, mengatasi masalah mereka, dan juga untuk melibatan stakeholder dalam suatu proyek secara tepat.Tiga Bagian Manage Stakeholder Engagemnet :
- Input
- Tools and Techniques
- Output
Flow Manage Stakeholder Engagement |
1. Bagian Input
A. Project Management Plan
- Communication Management Plan
- Risk Management Plan
- Stakeholder Management Plan
- Change Management Plan
B. Project Document
- Change Log
dikomunikasikan kepada stakeholder yang tepat.
- Issue Log
- Leason Learned Register
- Stakeholder Register
C. Enterprise Environmental Factors
Budaya organisasi, iklim politik, struktur tata kelola organisasi, kebijakan administrasi kepegawaian, threshold risiko dari stakeholder, channel komunikasi yang sudah mapan, tren, praktik, atau kebiasaan global, regional, atau lokal, dan distribusi geografis dari berbagai fasilitas dan berbagai sumber daya.D. Organizational Process Asset
Kebijakan dan prosedur perusahaan untuk media sosial, etika & keamanan, kebijakan dan prosedur perusahaan untuk masalah, risiko, perubahan & manajemen data, persyaratan komunikasi organisasi, pedoman standar untuk pengembangan, pertukaran, penyimpanan, pengambilan informasi, dan informasi historis dari proyek serupa sebelumnya.2. Bagian Tools and Techniques
A. Expert Judgement
Keahlian harus dipertimbangkan dari individu atau kelompok dengan pengetahuan khusus atau pelatihan dalam beberapa topik tergantung sebagaimana diperlukan untuk aktivitas yang dilakukan.B. Communication Skill
Metode komunikasi diidentifikasi untuk masing masing stakeholder di dalam komunikasi management plan dan diterapkan selama kepentingan management stakeholder.C. Interpersonal and Team Skills
Metode ini dapat dilakukan pada proses:- Conflict management: konflik diselesaikan tepat waktu
- Culture awareness: perbedaan budaya dan persyaratan stakeholder
- Negotiation: mencapai kesepakatan yang mendukung pekerjaan proyek
- Observation/conversation: menjaga tetap berhubungan dengan pekerja dan tim proyek
- Political awareness: memahami hubungan kekuasaan pada suatu proyek.
D. Ground Rules
Merupakan aturan dasar yang digunakan untuk mengatur perilaku anggota tim proyek dan stakeholder lainnya.E. Meetings
Digunakan untuk membahas berbagai kepentingan dan keperluan, agar dapat mengatasi masalah atau kekhawatiran apapun tentang keterlibatan stakeholder.3. Bagian Output
A. Change Request
Perubahan pada ruang lingkup proyek dapat saja muncul dan semua perubahan akan diproses melalui proses Perform Integrated Change Control.B. Project Management Plan Updates
Setiap perubahan rencana manajemen proyek yang akan diterapkan, harus melewati proses kontrol perubahan organisasi melalui permintaan perubahan terlebih dahulu.C. Pembaruan Dokumen Proyek
Beberapa dokumen yang harus diperbarui yaitu:- Change log : diperbarui berdasarkan permintaan perubahan.
- Issue log : pengembangan dan entri log masalah.
- Lessons learned register : dapat diperbarui dengan pendekatan yang efektif atau tidak efektif.
- Stakeholder register : diperbarui dengan informasi terbaru yang diberikan kepada stakeholder tentang masalah yang telah terselesaikan, perubahan yang disetujui dan status proyek umum.