Semut Rangrang, Pemberani, Penjaga, dan Sosialis


Semut RangRang Itu Apa ?

RangRang (semut penganyam/semut merah/kroto/angkrang) adalah salah satu jenis semut yang berukuran lebih besar dari kebanyakan jenis semut yang ada di dunia. Dan sifatnya juga sama seperti kebanyakan semut pada umumnya, yaitu bersifat sosial, berkoloni, dan teritorial. Semut rangrang juga dikenal sebagai jenis semut yang tempramen (galak) karena dapat menyerang apapun yang dirasa mengancam koloni atau sarangnya.

Habitat (Tempat Hidup)

Berbeda dengan kebanyakan jenis semut yang memilih untuk tinggal atau membuat sarang di tanah, semut rang rang justru memilih untuk membuat sarangnya di atas pohon, khususnya dibagian dedaunan. Mereka membuat sarangnya dengan cara menganyam dedaunan agar menjadi rekat dengan cairan khusus yang mereka produksi secara alami sehingga daun tersebut bisa digunakan untuk tempat tinggal.

Kenapa semut rangrang tidak ada didalam rumah?

Semut rangrang sendiri tidak pernah dijumpai di dalam rumah, itu karena mereka lebih memilih untuk tinggal di area terbuka, atau tempat dengan aliran udara yang bebas. Tujuannya adalah agar mempermudah mereka untuk menangkap mangsa yang cenderung ada di dedaunan, seperti serangga, hama, ulat, dll.

Jenis Semut Rangrang

Jenis semut rangrang sendiri sebenarnya ada banyak, namun yang saat ini masih banyak ditemukan adalah jenis Oecophylla smaragdina dan Oecophylla longinoda.
Oecophylla smaragdina : merupakan jenis semut rangrang yang banyak ditemukan dikawasan Pakistan hingga Australia, juga banyak di Asia.

Oecophylla longinoda : merupakan jenis semut rangrang yang hanya ditemukan dikawasan Afrika saja.


Penyebaran semut rangrang

Berikut ini adalah area penyebaran semut rangrang diseluruh dunia dan dibagi menjadi dua jenis. Kuning adalah O. Longinoda dan ungu adalah Smaragnida.

Kasta Semut Rangrang

Sama seperti rayap dan juga lebah, semut juga memiliki pembagian tugas menurut sistem kasta. Jadi dalam setiap kasta memiliki tugas yang berbeda beda, dan tentunya disiplin, karena tidak akan ada yang namanya pembelot atau pemalas yang tidak melakukan tugasnya.
  1. Semut ratu : yang bertugas untuk menyediakan telur telur untuk keberlangsungan koloninya.
  2. Semut prajurit : yang bertugas untuk mencari tempat tinggal, membangun tempat tinggal untuk koloni, dan juga berburu.
  3. Semut pekerja : bertugas untuk mengurus semut ratu, telur, dan juga bayi bayinya, membersihkan sarang, dan memberikan makanan untuk bayi semut.

Fase perkembangan

Berikut ini adalah tahapan dari perkembangan semut rangrang.
  1. Telur Ke Larva = 7 Hari
  2. Larva Ke Pupa = 14 Hari
  3. Pupa Ke Semut Dewasa = 9 Hari

Manfaat Semut Rangrang

1. Untuk penjaga perkebunan.
Dengan sifat semut rangrang yang teritorial dan agresif, tentunya semut rangrang akan secara otomatis menjadi musuh alami bagi berbagai jenis hama tumbuhan(belalang, ulat, kepik, dll). Dengan memanfaatkan sifat tersebut, maka para pemilik perkebunan biasanya membiarkan semut tersebut untuk ada di perkebunan mereka sebagai penjaga dari hama.
2. Untuk makanan burung.
Seperti yang kita ketahui, tujuan dari orang yang berternak jenis semut ini, yakni salah satunya akan digunakan untuk makanan bagi burung peliharaan. Banyak burung peliharaan yang menyukai semut rangrang sebagai makanannya. Pada tahap pertama pertumbuhan sebuah semut rangrang(larva), atau yang biasa disebut sebagai kroto inilah yang disukai banyak burung.

Sekian dan terimakasih, semoga bermanfaat. Selain itu nama srangrang juga digunakan pada blog ini dengan harapan bisa menganyam pengetahuan dan membangun hidup yang baik.
Disqus Comments

NEWSLETTER SIGNUP